Hotel di Subang 'Diserang'
Tim gabungan TNI dan Polri melakukan simulasi antisipasi ancaman aksi teror di salah satu hotel di Subang, Kamis, 6 Agustus 2018. Medcom.id/P. Aditya Prakasa
Bandung: Dua ledakan terjadi di salah satu hotel di Kabupaten Subang, Kamis 9 Agustus 2018 siang. Sekelompok teroris telah menguasai hotel tersebut dan menyandera pegawai dan tamu yang menginap

Ledakan pertama terjadi di kamar bagian atas, kedua di mobil yang di parkir di halaman parkir hotel. Meledaknya bom itu telah menyita perhatian warga yang berada di sekitar.

Dengan reaksi cepat, kepolisian dari Polres Subang langsung berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat dan TNI untuk meredam ancaman teroris di hotel. Tim Anti Teror dan Batalyon Raider 300 telah disiapkan untuk melumpuhkan para teroris dari udara serta darat.


Dalam hitungan menit, teroris pun berhasil dilumpuhkan dan membebaskan para sandera. Tak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Kepala Polda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan Tactical Floor Game dan dan Simulasi dalam rangka pengamanan Asian Games XVIII tahun 2018.

"Simulasi ini dalam rangka pengamanan para atlit dan kontingen peserta Asian Games dari negara luar," kata Agung di Subang, Kamis 9 Agustus 2018.

Seperti diketahui, Subang terpilih menjadi venue untuk cabang olah raga Balap Sepeda dan Sepeda Gunung. Selain itu Subang dinilai wilayah rawan kejahatan.

"Hasil pemetaan, (Subang) paling rawan," ucap Agung.

Di tempat yang sama Panglima Kodam III Siliwangi Mayjen TNI Harto Besar Karyawan mengatakan, simulasi yang digelar bersama ini untuk menunjukan sinergitas TNI dan Polri jelang Asian Games.

"Sepenuhnya kita bantu keamanan, kita tunjukan latihan bersama," ucap Besar.



(SUR)