Ribuan buruh yang terhimpun dari berbagai aliansi buruh se-Kota Tangerang berkumpul di lapangan alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang, Banten, Rabu, 1 Mei 2019. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir.
Ribuan buruh yang terhimpun dari berbagai aliansi buruh se-Kota Tangerang berkumpul di lapangan alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang, Banten, Rabu, 1 Mei 2019. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir. (Hendrik Simorangkir)

Buruh Tangerang Memperingati May Day di Alun-alun Kota

may day hari buruh
Hendrik Simorangkir • 01 Mei 2019 12:47
Tangerang: Ribuan buruh yang terhimpun dari berbagai aliansi buruh se-Kota Tangerang berkumpul di lapangan alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang, Banten untuk memperingati hari buruh atau May Day.
 
Ribuan buruh sengaja dikumpulkan di satu titik agar menyampaikan aspirasnya tidak harus turun ke jalan.
 
"Sudah lima tahun kita kemasnya berbeda dari kota lainnya. Jika biasanya para buruh turun jalan, kami sediakan tempat untuk buruh menyampaikan aspirasinya di May Day Expo," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang Rakhmansyah di Alun-alun Kota Tangerang, Rabu, 1 Mei 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang berinovasi dengan mengajak para buruh menyukseskan program May Day di 2019. Pemerintah Kota (Pemkot) ingin membangun kemitraan antara pemerintah, serikat buruh, maupun pengusaha yang ada di Sidoarjo.
 
"May Day Expo ini bertujuan untuk menyadarkan para buruh dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensinya di bidang usaha. Selain itu kami juga memberikan berupa doorprize untuk menyemangatkan mereka berkumpul," jelas Rakhmansyah.
 
Ketua Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin Agus Gunawan menjelaskan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan Pemkot Tangerang. Kegiatan ini bisa mengajak para pekerja buruh untuk lebih kreatif dan inovatif.
 
"Saya sangat senang karena Kota Tangerang tampil beda dari yang lain. Para buruh tidak hanya pintar dalam berorasi, pintar dalam menyusun administrasi, maupun longmarch. Melainkan mampu bersaing dan berkreatifitas," jelas Agus.
 
Menurut Agus, kegiatan ini akan membawa dampak baik bagi harmonisasi pekerja, pengusaha, dan pemerintah. "Kami juga membawa tuntutan berisi kenaikan upah dan pelayanan BPJS Kesehatan segera diperbaiki untuk buruh," beber Agus.
 
Sementara, Kasubag Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim menuturkan, pengamanan kepolisian terbagi di tiga titik yang dinilai rawan.
 
"Polres mengerahkan 479 personel untuk tiga titik yakni Batu Ceper, Jatiuwung, dan Alun-alun. Batu Ceper dan Jatiuwung kita kerahkan personel karena itu wilayah perbatasan dengan Jakarta," kata Abdul.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif