Jabar Anggarkan Rp50 Miliar Pemulihan Pascabencana
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (tengah) di Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat 16 November 2018. Medcom.id/Antonio
Bekasi: Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengalokasikan Rp50 miliar untuk pemulihan pascabencana di sejumlah wilayah. Jabar telah ditetapkan siaga satu bencana setelah 83 bencana terjadi sepanjang November 2018.

"Saya sudah siapkan Rp50 miliar, tolong beritakan kepada kepala desa, lurah-lurah yang daerahnya, infratrukturnya hancur, hilang rusak karena bencana. Segera kirim surat bersama kepala daerah nanti saya kasih dana untuk perbaikannya juga,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Hotel Horison, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat 16 November 2018.

Pihaknya telah mencoba menangani bencana lewat meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Dia menjamin pemerintah akan proaktif dalam penanganan bencana.


Dirinya menambahkan, pencairan anggaran tersebut dipastikan tidak memakan waktu lama. Dia berharap pemerintah kabupaten/kota segera mengajukan permohonan anggaran jika membutuhkan.

"Dengan Pak Ridwan Kamil lah Insyaallah cepat," tuturnya.

Baca: Jabar Siaga Satu Bencana

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menetapkan status siaga satu bencana. Hal itu ditetapkan usai terjadi bencana di beberapa wilayah di Jabar termasuk longsor di Kabupaten Cianjur dan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.

Musim hujan telah mengguyur hampir di seluruh wilayah Jabar yang menyebabkan banjir serta longsor. Emil menetapkan status siaga bencana dan meminta setiap kepala daerah untuk melakukan penanganan secara cepat serta antisipatif terjadinya bencana.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id