Ridwan Kamil Akui Jabar Dilanda Kekeringan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan rombongan meninjau kondisi Citarum di Kabupaten Bandung, Rabu, 26 September 2018, Medcom.id - Roni
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana meluncurkan hujan buatan di sejumlah daerah yang mengalami kekeringan parah akibat musim kemarau panjang. Rencananya hujan buatan itu dimulai pekan depan.

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan hujan buatan merupakan program baru dari Pemerintah Provinsi Jabar untuk modifikasi cuaca disaat musim kemarau. Berdasarkan pantauan udara, Emil mengaku seluruh wilayah di Jabar kini tengah dilanda kekeringan.

"Minggu depan akan dimulai program modifikasi cuaca untuk menghasilkan hujan di area-area bendungan-bendungan yang kekurangan air," ujar Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat 12 Oktober 2018. 


Bendungan diakui Emil menjadi target utama terutama di Jatiluhur, Kabupaten Bandung Barat yang kini tengah mengalami penurunan debit air mencapai 13 meter. Keputusan hujan buatan pun dilakukan Emil sebagai solusi jangka pendek hingga musim penghujan turun. 

"Oleh karena itu saya ambil keputusan di pagi ini, mulai minggu depan, minimal ada 20 kali atau lebih (dalam satu minggu) kita akan memulai," tuturnya.

Emil berharap dengan keputusan meluncurkan hujan buatan, sumber air baku baik di bendungan atau pun waduk bisa kembali terisi dan memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

"Sehingga PDAM yang sekarang saya dengar krisis air bersih dimana-mana juga bisa kita kurangi potensinya dengan rekayasa teknologi ini," tandasnya.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id