Suasana sidang kasus suap Meikarta di Pengadilan Tipikor Kota Bandung, Medcom.id - Aditya Prakasa
Suasana sidang kasus suap Meikarta di Pengadilan Tipikor Kota Bandung, Medcom.id - Aditya Prakasa (P Aditya Prakasa)

Jaksa Bantah Materi Dakwaan Kasus Meikarta tak Jelas

meikarta
P Aditya Prakasa • 02 Januari 2019 16:33
Bandung: Jaksa KPK membantah materi dakwaan terhadap terdakwa kasus dugaan suap Meikarta, Billy Sindoro, dianggap kabur dan tidak jelas. Hal itu diutarakan Jaksa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Jawa Barat, menjawab nota keberatan atau eksepsi oleh terdakwa yang diajukan pada sidang sebelumnya.
 
"Bahwa surat dakwaan JPU sudah uraikan perbuatan terdakwa dengan cermat baik dari sikap batin hingga perbuatan pidana dari terdakwa untuk menilai sikap perbuatan terdakwa," ucap Jaksa KPK Yadyn di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung, Rabu 2 Januari 2019.
 
Pada sidang pekan lalu, ketiga terdakwa yaitu Billy Sindoro, Taryudi, dan Henry Jansen, membacakan keberatannya terhadap dakwaan jaksa yang sudah dibacakan pada dua pekan sebelumnya. Ketiga terdakwa, kecuali Firman Fitradjadja, menyatakan keberatan terhadap materi dakwaan jaksa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yadyn juga menegaskan bahwa dakwaan sudah memberikan gambaran ‎detail soal perbuatan terdakwa. 
 
"Dakwaan sudah beri gambaran apa, dimana, bagaimana, akibat tindak pidana, aturan pidana. yang mengatur serta apa yang mendorong ‎perbuatan pidana dari terdakwa," ujar Yadyn.
 
Sementara itu, jaksa KPK Taufik Ibnugroho mengatakan eksepsi yang dibacakan tim penasehat hukum terhadap ketiga terdakwa lebih banyak membahas soal materi pokok perkara.
 
"Bahwa eksepsi tim penasehat hukum membahas soal pokok materi perkara yang seharusnya dibuktikan dalam proses persidangan. Bahwa dakwaan jaksa sudah sesuai dengan aturan. Sehingga, kami meminta yang mulia untuk mengesampingkan eksepsi dan melanjutkan persidangan ke pembuktian," kata Taufik.
 
Jaksa KPK juga mengatakan bahwa terdakwa Billy Sindoro telah terlibat sebagai orang yang memerintahkan untuk melakukan suap. Hal itu disebutkan bahwa dalam eksepsi Billy Sindoro menyebut bahwa dirinya tidak terlibat dalam kasus penyuapan.
 
"Terdakwa Billy Sindoro terlibat," ujar Taufik.
 
Majelis Hakim mengagendakan sidang untuk membacakan putusan sela terhadap eksepsi dan tanggapan eksepsi pada Rabu pekan depan.
 
Dalam dakwaan jaksa, keempatnya dikenakan pasal 5 ayat 1 huruf a Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana dalam dakwaan kesatu, dan dakwaan kedua, Pasal 5 ayat 1 huruf b Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana, dan dakwaan ketiga Pasal 13 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.‎
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi