Dishub Depok Cek Izin Pul Bus Maut di Sukabumi

Octavianus Dwi Sutrisno 12 September 2018 08:36 WIB
kecelakaan bus
Dishub Depok Cek Izin Pul Bus Maut di Sukabumi
Petugas mengevakuasi mini bus berpenumpang puluhan wisatawan yang masuk jurang di Tanjakan Letter S, Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Antara/Budiyanto
Depok: Dinas Perhubungan Kota Depok, Jawa Barat, akan memastikan perizinan tempat yang diduga menjadi pul bus pariwisata Jakarta Wisata Transport. Hal ini menyusul kecelakaan maut yang melibatkan kendaraan PO Bus di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat.

Akibat insiden tersebut, 21 penumpang meninggal dunia dan 16 lainnya terluka.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana, menyebut perizinan bus pariwisata dikeluarkan langsung oleh Kementerian Perhubungan. Sedangkan Dishub Depok hanya mengeluarkan rekomendasi.


"Terkait bus yang mengalami kecelakaan di Sukabumi dengan nomor polisi Jakarta, kewenangan rekomendasi dan wajib ujinya langsung dari pusat," ucap Dadang kepada Medcom.id saat dihubungi Selasa petang, 11 September 2018.

Hal serupa juga diwajibkan bagi angkutan pariwisata berpelat nomor Depok saat hendak mengajukan perizinan ke Kementerian Perhubungan. Rekomendasi yang dikeluarkan Kota Depok mensyaratkan kesiapan perusahaan bus untuk menyediakan pul.

Baca: Kesehatan Kondektur Bus Kecelakaan Maut di Sukabumi Membaik

Selanjutnya, Dadang menegaskan kepada masyarakat  untuk membedakan keberadaan pul dengan kelaikan kendaraan. "Besok saya akan coba mengecek ke lapangan untuk memastikan perizinan pulnya dimana. Dan mohon dibedakan antara keberadaan puldengan kelaikan teknis kendaraan," tandasnya.

Pul bus pariwisata Jakarta Wisata Transportasi diduga berlokasi di wilayah Kota Depok yaitu Jalan Kavling DPR, Serua Bojongsari, Kota Depok. Pangkalan bus tersebut terletak tepat di dalam area sebuah gedung SMK.

Saat di datangi Medcom.id, pintu Gedung SMK tersebut tertutup rapat bahkan digembok dari dalam. Kondisi di area gedung terlihat sepi tidak ada penjaga atau satpam.

Baca: Polisi Belum Tetapkan Tersangka Kecelakaan Bus Maut Sukabumi



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id