Baru 1 Persen UMKM di Karawang Bersertifikat Halal

Cikwan Suwandi 29 November 2018 11:43 WIB
sertifikasi halal
Baru 1 Persen UMKM di Karawang Bersertifikat Halal
Ilustrasi makanan halal, Medcom.id
Karawang: Sebanyak 400 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Karawang, Jawa Barat, mengantongi sertifikasi halal. Sementara jumlah UMKM di kabupaten tersebut mencapai 42 ribu unit.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karawang Asep Junaedi, menargetkan pemberian label halal pada 600 UMKM. Namun, hingga berita ini dimuat, baru 1 persen dari 42 ribu UMKM berlabel halal.

"Tiap tahun, kami hanya bisa memfasilitasi sertifikasi kesehatan dan halal pada 80 unit," ujar Asep di Karawang, Kamis, 29 November 2018.


Asep mengatakan Dinas Koperasi memberikan bimbingan mengenai teknis mendapatkan sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu. Jadi, ujar Asep, pelaku usaha cukup mendatangi kantor dinas.

Asep mengaku masih banyak pelaku usaha yang belum mengurusi sertifikat tersebut. Mungkin, ujarnya, pelaku masih berpendapat usaha bisnis mereka masih bersifat lokal.

Asep mengingatkan sertifikasi halal dan sehat penting untuk kemajuan usaha, terutama bisnis makanan. Sehingga Asep meminta pelaku usaha tak ragu untuk mendiskusikan pelabelan tersebut dan mengurusi sertifikasinya.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id