Pemprov Jabar Kaji Pembangunan Tol Cikarang-Ciranjang
Tol Cipularang. Foto: Antara
Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana untuk membangun ruas jalan tol Cikarang-Ciranjang dalam waktu dekat. Pembangunan tol tersebut sebagai upaya untuk mengurangi volume kendaraan di tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang atau Cipularang.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, pembangunan tol Cikarang-Ciranjang saat ini masih dalam tahap pembahasan termasuk daerah yang akan dilalui yakni Kabupaten Bogor, Bekasi dan Kabupaten Cianjur.

"Ini menindaklanjuti surat divisi pengembangan bisnis dan investasi PT PP Persero 24 September tentang paparan rencana pembangunan jalan tol Cikarang-Ciranjang. atas dasar surat tersebut maka kita melakukan rapat koordinasi," ujar Iwa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa, 16 Oktober 2018.


Iwa menuturkan, sering terjadinya kepadatan kendaraan baik dari Jakarta-Bandung atau sebaliknya yang menggunakan ruas tol Cikampek dan Cipularang setiap tahunnya meningkat. Terlebih Pemprov Jabar sudah tidak bisa mempelebar ruas jalan tol Cipularang untuk meminimalisir kepadatan kendaraan.

"Kebutuhan untuk meningkatkan jalan tol cipularang sudah sangat mendesak, namun pelebaran jalan tol cipularang menjadi 2x3 jalur tidak mungkin dilaksanakan karena ketiadaan lahan," urainya.

Ditambahkan Iwa, rencana pengerjaan proyek tol Cikarang-Ciranjang sepanjang 51 kilometer dibagi menjadi empat tahap yakni seksi I 8,357 km, seksi II 16,076 km, seksi III 22,77 km, dan seksi IV 5,098 km.

"Lajurnya direncanakan 2x2 lajur bisa diperpanjang jadi 2x3. dari hasil studi dan prastudi kondisi medan dataran rendah 70 persen, perbukitan 30 persen, dengan pemanfaatan lahan 80 persen tegalan dan 10 persen hutan dan 10 persen pemukiman," pungkas Iwa.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id