Imigrasi Bandara Soetta Antisipasi WNA Bermasalah Jelang Asian Games

Farhan Dwitama 11 Agustus 2018 15:35 WIB
asian gamesasian games 2018
Imigrasi Bandara Soetta Antisipasi WNA Bermasalah Jelang Asian Games
Ilustrasi paspor. ANTARA FOTO.
Tangerang: Kantor imigrasi Kelas I Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, terus meningkatkan kewaspadaan terhadap masuknya Warga Negara Asing (WNA) bermasalah ke Indonesia. Dalam pekan ini sudah ada 24 WNA dipulangkan karena melanggar aturan keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Internasional Soekarno Hatta, Enang Supriyadi Syamsi mengatakan, pihaknya telah memulangkan puluhan WNA tersebut. 

"Dalam satu pekan hingga hari ini, kami sudah tangani 24 WNA bermasalah, karena tak jelas tujuan datangnya ke Indonesia sampai pada pemalsuan dokumen keimigrasian," kata Enang di Bandara internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, 11 Agustus 2018.


Para WNA yang mencoba masuk ke Indonesia ini berusaha dengan berbagai cara dan modus untuk bisa mengelabui petugas. Paling banyak adalah menggunakan paspor palsu.

"Seperti kami ungkap kemarin WNA Tiongkok yang masuk dengan paspor Palsu dari Meksiko," ungkap Enang.

Untuk peningkatan kewaspadaan itu, terutama bertepatan dengan perhelatan akbar Asian Games 2018 pada 18 Agustus besok, pihaknya melakukan kerjasama dengan berbagai instansi terkait di Bandara, seperti Interpol, Bea dan cukai, karantina pertanian, atau custom Immigration Quarantine (CIQ). 

"Kami bekerja sama dengan Interpol dan CIQ. Karena mereka tentu akan mencoba berbagai modus untuk bisa masuk," pungkas Enang.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id