Jabar Akan Punya Perpustakaan di Pinggir Jalan

Roni Kurniawan 06 November 2018 13:01 WIB
kemampuan literasi
Jabar Akan Punya Perpustakaan di Pinggir Jalan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau salah satu stan buku di acara Pameran Buku Juara di gedung Landmark, Jalan Braga, Kota Bandung, Senin 6 November 2018, Medcom.id - Roni
Bandung: Jawa Barat akan memiliki tempat baca di jalanan. Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Emil dan pembawa acara program Kick Andy Metro TV Andy F Noya akan meresmikan tempat baca di jalanan atau street library di beberapa lokasi di provinsi tersebut.

Menurut Emil, kegiatan itu diluncurkan pada 16 Desember 2018. Ia menggandeng Andy sebagai salah satu tokoh literasi nasional.

"Andy sangat tertarik dengan gagasan itu dan akan dinasionalkan programnya, tentu akan dimulai di Jawa Barat," kata Emil usai meresmikan pameran buku juara di gedung Landmark, Jalan Braga, Kota Bandung, Senin 6 November 2018.


Emil menuturkan, kehadiran street libary tersebut sebagai ruang bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu khusus untuk membaca. Pasalnya street libary akan dihadirkan di tempat-tempat keramaian seperti pinggir jalan dan taman kota atau ruang terbuka lainnya.

"Jadi kita memberikan gagasan agar orang-orang yang sibuk, yang tidak menpunyai waktu khusus ke gedung untuk membaca, bisa lagi di jalan, lagi bengong, naik motor berhenti baca dulu di kotak-kotak yang kita sediakan di pinggir jalan, di taman, di alun alun," bebernya.

Street libary tersebut berwujud sebuah kotak besar yang berisikan buku-buku berbagai materi untuk dibaca oleh masyarakat. Adanya program itu pun diharapkan Emil bisa meningkatkan minat baca yang saat ini dinilai sangat rendah terutama diera teknologi.

"Ujung-ujungnya budaya literasi pasti naik, sekarang masih ranking 60 (ranking Indonesia di dunia), persentase minat naik, yang sekarang masih 17 persen. Jadi warga Indonesia yang hobi baca hanya 17 persen, sangat rendah," pungkasnya.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id