Ridwan Kamil Hadirkan 'Transformer' di Tiap Desa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan
Bandung: Segudang inovasi akan dihadirkan Ridwan Kamil saat memimpin Jawa Barat dalam lima tahun ke depan. Salah satunya menghadirkan mobil multifungsi berkonsep Transformers akan dihadirkan di setiap desa.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku kerap mendapatkan aspirasi dari warga, terutama di desa saat menjalani masa kampanye Pilgub 2018. Salah satunya mengenai sarana setiap desa yang dianggap belum memadai.

"Di dalamnya saya dapat curhatan, kalau sakit bagaimana, masa naik ojek. Terus kalau ada hajatan dan lain-lain. Akhirnya digagas konsep mobil siaga desa, mobil multifungsi," kata Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis 1 November 2018.


Emil menuturkan, mobil siaga desa tersebut tidak hanya digunakan untuk satu kepentingan. Tapi Emil akan menggunakan konsep transformers, sebuah film aksi mobil yang dapat berubah bentuk menjadi robot.

Mobil tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan warga di desa. "Bisa jadi panggung, bisa jadi perpustakaan, bisa dipakai angkut manusia, pas panen bisa digunakan, bisa juga untuk nonton bareng Persib," tutur Emil.

Dia melihat mobil operasional desa hanya kerap digunakan kepala desa. Bahkan tak jarang untuk kepentingan pribadi.

Hal itu menimbulkan kecemburuan sosial terutama warga di pedesaan yag tidak bisa menggunakan fasilitas milik negara.

"Ketimbang yang sekarang, mobil desa udah we pake ku manehna (hanya dipake oleh kapala desa). Saya kira enggak begitu zaman sekarang," imbuhnya.

Emil mengaku tengah menggagas konsep tersebut agar lebih matang untuk diterapkan di seluruh desa di Jabar. "Di waktu yang tepat, saya akan rilis," tegas Wali Kota Bandung periode 2013-2018 ini.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id