ASN Kenakan Sarung saat Apel Pagi
ASN di Pemprov Jabar mengenakan sarung untuk memperingati Hari Santri Nasional di apel pagi di Gedung Sate, Senin, 22 Oktober 2018, Medcom.id - Roni Kurniawan
Bandung: Aparatur sipil negara (ASN) mengenakan sarung saat mengikuti apel pagi di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 22 Oktober 2018. Aksi itu untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN).

Suasana berbeda tampak pada apel pagi hari ini. Pegawai pria mengenakan baju koko lengkap dengan seragam dan peci. Beragam motif dan warna tampak di halaman Gedung Sate.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut Uu, mengenakan sarung di peringatan HSN bernilai sama dengan hari besar lainnya di Indonesia. Misal, perempuan Indonesia mengenakan kebaya di peringatan Hari Kartini.


"Sebenarnya ini biasa saja, kan di kita itu banyak hari-hari yang berskala nasional, ada hari Kartini biasa ibu-ibu suka memakai kebaya nasional. Sekarang hari santri, karena santri punya pakaian khas tersendiri, ya saya mengimbau kepada seluruh ASN d Kabar untuk menggunakan pakaian santri," ujar Uu usai menjadi pembina apel pagi.

Uu menuturkan, imbauan tersebut pun diikuti oleh para pemimpin daerah di Jaba guna serentak menggunakan sarung. Uu pun bersuka cita lantaran HSN menjadi cara pemerintah mengakui keberadaan santri.

"Harapan kami bukan hanya berpakaian, penghargaan yang diberikan kepada para santri oleh ASN itu yang penting. Bapak Presiden sudah mengeluarkan keputusan tentang hari santri, saya sebagai komunitas santri mengucapkan terima kasih atas keputusan tersebut," urainya.

Penggunaan sarung di kalangan ASN diakui Uu sebagai bentuk kesetaraan para santri yang kerap dinilai kampung. Sebab, lanjut Uu, sebagian besar santri berada di pedesaan, namun kini telah menjadi kebanggaan.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id