Suasana warung tegal bernama WAHTEG yang terdapat di kawasan Jalan Tanjung Duren Selatan, Grogol, Jakarta, Barat, Jakarta, Rabu (13/2/2019). MI/PIUS ERLANGGA.
Suasana warung tegal bernama WAHTEG yang terdapat di kawasan Jalan Tanjung Duren Selatan, Grogol, Jakarta, Barat, Jakarta, Rabu (13/2/2019). MI/PIUS ERLANGGA. (Farhan Dwitama)

Restoran dan Tempat Hiburan di Tangsel Dibatasi Selama Ramadan

ramadan
Farhan Dwitama • 29 April 2019 14:00
Tangerang: Majelis Ulama Indonesia dan Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan membatasi jam operasional tempat hiburan dan restoran di Kota Tangerang Selatan, selama bulan suci ramadan 1440 H. 
 
Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang Selatan, Abdul Rojak mengatakan, pihaknya bersama MUI Kota telah merumuskan waktu operasional tempat makan dan tempat hiburan di Tangerang Selatan.
 
"MUI Tangsel dan Kementerian Agama kemarin sudah rapat, tempat hiburan tutup dua hari menjelang puasa, saat puasa dan seminggu setelah lebaran. Sementara restoran kami minta baru buka pukul 16.00," kata Rojak saat dikonfirmasi, Senin, 29 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rojak menjelaskan, tempat hiburan yang diminta untuk tutup selama ramadan di antaranya seperti tempat karaoke dan live music, tempat permainan adu ketangkasan, biliard dan sejenisnya. 
 
Sementara untuk operasional jam buka restoran dan tempat makan selama ramadan di Tangerang Selatan berbeda dengan jam operasional ramadan sebelumnya yakni pukul 12.00 WIB.
 
"Usulan kami restoran boleh buka mulai jam 16.00 WIB, kemarin-kemarin jam 12.00 WIB tahun ini MUI, tokoh ormas semua minta jam 16.00 WIB sampai jam 04.30 WIB," jelas Rojak.
 
Rojak menambahkan, rumah makan yang buka juga harus tetap menggunakan penutup di sekelilingnya, seperti tirai atau gorden. Agar tidak mengganggu umat muslim yang sedang berpuasa.
 
"Kita enggak minta tutup total, jadi tetap buka jam 4 untuk melayani non muslim, musafir, dan ibu hamil. Mari kita sebagai umat beragama sama-sama menghormati dan hidup dalam bertoleransi," pungkas Rojak.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif