Seremoni pembukaan Global Land Forum 2018 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin 24 September 2018. Medcom.id/Roni Kurniawan
Seremoni pembukaan Global Land Forum 2018 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin 24 September 2018. Medcom.id/Roni Kurniawan (Roni Kurniawan)

84 Negara Hadir di Global Land Forum Bandung

reforma agraria
Roni Kurniawan • 24 September 2018 13:39
Bandung: Kota Bandung menjadi tuan rumah forum tanah dunia atau Global Land Forum ke-8 tahun 2018 yang bertempat di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Senin, 24 September 2018. Sebanyak 558 delegasi dari 84 negara hadir untuk berbagai pengalaman terkait dunia pertanahan.
 
Menurut Direktur Internasional Land Coalition (ILC), Michael Taylor, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mencari keadilan atas pemenuhan hak tanah bagi rakyat. Pasalnya, kasus perampasan tanah kerap terjadi di berbagai negara termasuk Indonesia oleh segelintir orang untuk kepentingan perusahaan.
 
Dia menyebut masyarakat adat dan komunitas lokal melindungi separuh dari lahan dunia, tetapi hanya 10 persen yang diakui. Situasi tersebut menyebabkan perampasan tanah menjadi tantangan besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di banyak negara mereka berjuang membela hak-hak tanah dengan mempertaruhkan nyawa," ujar Michael.
 
Michael menuturkan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah karena memiliki perkembangan yang baik. Terutama dari sisi gerakan sosial yang memperjuangkan hak atas tanah yang tergabung dalam Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA).
 
"KPA adalah salah satu organisasi yang paling lama di Indonesia. Dan juga di sini memiliki satu program reformasi agraria yang sangat serius, seperti di Kolumbia, Nepal, Madagaskar dan Filipina," sambungnya.
 
Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko mengatakan, Presiden Joko Widodo mengarahkan agar forum ini bisa menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan mencari solusi setiap permasalahan agraria.
 
Pemerintah selalu mendukung para pejuang agraria dengan mengeluarkan Perpres Reforma Agraria pada pekan ini.
 
"Dalam minggu ini sudah ditandatangani oleh Pak Presiden dan beliau sudah berjanji," tegas Moeldoko.
 
Kegiatan Global Land Forum dibuka secara resmi dan turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution serta Wali Kota Bandung Oded M Danial.
 
Forum tersebut akan berlangsung hingga 27 September mendatang dengan menghadirkan berbagai narasumber dalam diskusi panel, di antaranya Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.
 

 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif