Pesantren di Depok Dilanda Kebakaran
Pesantren yang berlokasi di Jalan Rawa Indah Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung Kota Depok terbakar, Kamis, 9 Agustus 2018. Medcom.id/ Octavianus Dwi Sutrisno.
Depok: Lantai dua pesantren yang berlokasi di Jalan Rawa Indah Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung Kota Depok terbakar.

Para santri yang sedang menjalani proses belajar mengajar histeris dan berhamburan keluar pesantren.

Kepala Dinas Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran (DPPK) Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, api berasal dari salah satu kamar santri yang terletak di lantai dua gedung tersebut.


"Api muncul sekitar pukul 12.00 WIB tadi," kata Gandara saat dikonfirmasi, Kamis, 9 Agustus 2018.

Gandara menuturkan, sumber api cepat membesar lantaran pasal banyak barang yang mudah terbakar seperti kasur dan bantal.

"Karena ini awalnya dari dalam kamar diduga karena konsleting listrik, sehingga banyak perabotan yang mempercepat api menyebar. Hingga akhirnya merambat ke ruangan lainnya," jelas Gandara.

Namun, Gandara menegaskan dalam insiden tersebut bisa dengan cepat ditanggulangi berkat bantuan masyarakat sekitar dan pihak yayasan yang sigap memadamkan api dengan alat yang tersedia.

"Di sini ada kurang lebih enam alat pemadam api ringan, namun memang kurang jadi api tetap membesar, tapi kita berhasil memadamkan kurang lebih memakan waktu setengah jam," jelas Gandara

Sementara itu, Mama Refki salah seorang Wali Santri di Pondok Pesantren A Sa'adah menuturkan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Untungnya semua santri lagi ada di bawah (lantai 1), semua lagi belajar memang lantai dua itu buat santri istirahat ada lab juga," ungkap Refki.

Pantauan Medcom.id, hingga pukul 13.33 WIB tim DPPK Kota Depok telah melakukan pendinginan, dan mulai meninggalkan lokasi kebakaran.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id