Aksi vandalisme pada separator busway terjadi saat massa buruh memperingati hari buruh internasional berada di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (1/5/2019). MI/PIUS ERLANGGA.
Aksi vandalisme pada separator busway terjadi saat massa buruh memperingati hari buruh internasional berada di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (1/5/2019). MI/PIUS ERLANGGA. (P Aditya Prakasa)

Polri Usut Penyebaran Kelompok Anarko Sindikalism

may day hari buruh vandalisme
P Aditya Prakasa • 03 Mei 2019 19:40
Bandung: Polisi sudah melakukan penyelidikan mengenai keberadaan kelompok orang yang berpakaian serba hitam atau Anarko Sindikalism yang menyusup dalam aksi buruh saat May Day di beberapa kota kemarin.
 
Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan, pihaknya masih memastikan apakah kelompok tersebut dikomandoi oleh seseorang atau bergerak individu.
 
"Sudah disebar untuk mencari tahu kalau mereka terorganisir atau tidak, ini kan masih penyelidikan," kata Agung di Markas Polda Jawa Barat, Jumat, 3 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aksi yang dilakukan kelompok tersebut tidak hanya dilakukan di Kota Bandung. Pada saat peringatan hari buruh lalu, beberapa daerah di Indonesia juga dilakukan aksi yang sama oleh kelompok berbaju hitam tersebut.
 
Sementara Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pihak kepolisian sudah menetapkan tersangka dari insiden tersebut. Pihaknya memastikan penetapan tersangka sudah sesuai dengan alat bukti yang didapat.
 
"Perusakan dan aksi vandalisme (di Bandung) ditetapkan dua tersangka. Kemudian untuk di wilayah Malang sudah ditetapkan dua tersangka," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Mei 2019.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif