Ilustrasi pemilih - Medcom.id.
Ilustrasi pemilih - Medcom.id. (Octavianus Dwi Sutrisno)

Penyebab Penundaan Penetapan DPTHP Tahap Dua di Jabar

rekapitulasi kpu
Octavianus Dwi Sutrisno • 18 November 2018 13:21
Depok: Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap 2 di beberapa wilayah diperkirakan meleset dari jadwal yang ditentukan. Penghitungan DPTHP di beberapa wilayah hingga saat ini banyak yang ditunda, salah satunya di wilayah Jawa Barat.
 
Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Yusfitriadi mengatakan, dari hasil penelusuran, salah satu penyebab ditundanya daftar DPTHP yaitu tidak sinkronnya antara berita acara KPU dengan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).
 
"Selain itu, kami lihat Badan Pengawas Pemilu  Provinsi Jawa Barat masih menemukan adanya data ganda," kata Yusfitriadi usai berdiskusi dengan Mahasiswa dan Bawaslu Kota Depok, Jawa Barat, Minggu, 18 November 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yusfi menjelaskan, dari hasil pantauannya ada sekitar 14 Kabupaten/Kota di Jabar yang mengalami penundaan pengumuman DPTHP tahap dua, dan salah satunya Kota Depok.
 
Yusfi kembali megatakan, dalam proses input data manual terhadap Sidalih tersebut ditemukan juga adanya kendala jaringan dan error system sehingga menghambat rekapitulasi.
 
"Kami nilai tidak terinputnya data manual 100 persen terhadap Sidalih, ini bisa berpotensi kembali memunculkan data invalid, data ganda, tidak memenuhi syarat dan pemilih baru yang tidak masuk dalam data pemilih," jelas Yusfi.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif