Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, mewaspadai masuknya penumpang terjangkit virus Monkeypox (MPX) atau Cacar Monyet.
Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, mewaspadai masuknya penumpang terjangkit virus Monkeypox (MPX) atau Cacar Monyet. (Hendrik Simorangkir)

Bandara Soetta Cegah Sebaran Virus Cacar Monyet

penyakit menular Cacar Monyet
Hendrik Simorangkir • 15 Mei 2019 19:33
Tangerang: Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, mewaspadai masuknya virus Monkeypox (MPX) atau Cacar Monyet. Kewaspadaan itu ditingkatkan pada masuknya hewan jenis primata dan pengerat di Bandara Soetta.
 
Kepala Balai Besar Kanrantina Pertanian Bandara Soetta, Imam Djajadi mengatakan, pihaknya memperketat tindakan karantina terhadap vektor yang dapat menularkan virus Monkeyfox. 
 
"Virus menular melalui vektor, disebutkan ada hewan jenis primata sama rodentia itu seperti kera, tupai, tikus. Tentunya kalau ada pemasukan hewan-hewan tersebut melalui Bandara Soetta tentu akan kita karantina secara ketat," ujar Imam di Terminal 3 Bandara Soetta, Rabu, 15 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Imam menjelaskan, hewan yang paling diperketat tindakan karantinanya adalah dari negara yang terjangkit Monkeyfox yakni Afrika. Pemasukan hewan dari negara selain Afrika juga akan tetap dikarantina sesuai SOP.
 
"Selain Afrika pun tetap kita lakukan tindakan karantina," jelasnya.
 
Imam menambahkan, setiap masuknya hewan yang datang dari luar negeri terlebih dahulu dilakukan tindakan di instalasi karantina hewan. Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan tersebut tidak terjangkit suatu penyakit yang dapat menyebar.
 
"Kami sudah mempunyai instalasi karantina di kawasan Bandara Soetta ini untuk mengantisipasi apabila ada pemasukan hewan-hewan tersebut akan kita lakukan pengkarantinaan di instalasi kami. Kemudian kita lakukan pengujian lab sampai dinyatakan bebas atau tidak terjangkit virus tersebut," jelasnya.
 


 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif