Suasana Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Medcom.id/Roni Kurniawan
Suasana Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Medcom.id/Roni Kurniawan (P Aditya Prakasa)

Pegawai Lapas Sukamiskin Nikmati THR dari Narapidana

kasus suap kasus korupsi suap fasilitas lapas
P Aditya Prakasa • 12 Desember 2018 18:17
Bandung: Narapidana di Lapas Sukamiskin Bandung mampu memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pegawai lapas. Uang tersebut merupakan iuran narapidana ke pegawai lapas untuk sewa penggunaan fasilitas saung.
 
Jaksa KPK Kresno Anto Wibowo mengatakan uang iuran tersebut digunakan untuk biaya perawatan saung. Saung tersebut digunakan untuk keluarga narapidana yang berkunjung ke lapas.
 
Jaksa KPK mengungkap iuran sewa saung saat sidang terdakwa suap eks Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husein dengan agenda pemeriksaan saksi. Warga binaan Lapas Sukamiskin Andri Rahmat menjadi saksi dan mengaku sebagai penagih iuran sewa saung tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sesuai persidangan, jadi kepada mereka-mereka warga binaan tadi, di situ (Lapas Sukamiskin) kan mereka diberikan fasilitas memiliki saung dengan konsekuensi membayar iuran saung. Nah yang bertugas menagihnya itu saksi (Andri Rahmat)," ucap Kresno usai sidang di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu, 12 November 2018.
 
Uang tersebut bukan hanya untuk biaya pemeliharaan. Iuran sewa saung tersebut juga jadi THR sejumlah petugas. Bahkan petugas setingkat kepala bidang juga menikmati uang narapidana tersebut.
 
"Rinciannya tadi ada mulai level kabid (paling tinggi) dan petugas lebih rendah," kata Kresno.
 
Meski begitu, tidak ada nama Wahid Husein sebagai Kepala Lapas di dalam daftar yang dipaparkan jaksa dalam sidang hari ini. Kresno mengatakan Wahid baru menjabat sebagai Kepala Lapas.
 
"Kalapas kalau suatu waktu minta sudah ada, keterangan saksi begitu, jadi enggak perlu dibagikan THR lagi. Cuma karena yang bersangkutan (Wahid Husein) Kalapas ini baru, dia menyangkal enggak tahu soal itu," kata jaksa.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif