Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Roni Kurniawan)

Ratusan TPS di Bandung Akan Dipindah karena Banjir

pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Roni Kurniawan • 15 April 2019 16:53
Bandung: Ratusan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Bandung yang masuk wilayah rawan banjir akan dipindahkan lokasinya. Hal itu dilakukan jika pada 17 April 2019 nanti air masih merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung.
 
Divisi Teknis KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq mengatakan, terdapat 137 TPS dari empat kecamatan di antaranya Baleendah dan Dayeuhkokot telah dipetakan untuk dipindahkan. Pasalnya lokasi TPS tersebut saat ini masih terendam banjir.
 
"Jika air tidak surut, akan digeser lokasi TPSnya. Ada empat kecamatan jumlahnya 137 TPS yang sudah dipetakan awalnya itu lokasi TPS terendam," kata Endun di kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 15 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Endun menjelaskan, keputusan akhir akan dilihat pada Selasa, 16 April. Jika air tidak surut maka ratusan TPS tersebut dipastikan akan dipindahkan. Pasalnya pada H-1 pencoblosan atau besok, seluruh kabupaten/kota di Jabar sudah mulai melakukan persiapan membangun TPS guna memastikan keberlangsungan pencoblosan.
 
"Karena H-1 itu TPS sudah mulai dibikin, blik suara dan kebutuhan lainnya. Jadi jika air banjir tidak surut, maka TPS akan dipindahkan," jelas Edun.
 
Hal serupa berlaku di beberapa wilayah di Kabupaten Indramayu. Pasalnya sebanyak 13 titik yang akan menjadi TPS masih terendam banjir hingga kini. Akan tetapi KPU Jabar masih berkoordinasi dengan instansi terkait di wilayah guna memastikan terutama cuaca pada hari pencoblosan.
 
"Di Indramayu ada 13 TPS yang awalnya terendam. Kita terus koordinasi dengan KPU daerah, BPBD dan BMKG untuk mengetahui kondisi disana, jika masih terendam maka akan dipindahkan," pungkas Edun.

 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif