Polisi dan TNI menangkap pelaku begal yang kerap meresahkan warga Kota Bandung di Markas Polrestabes Bandung, Sabtu 12 Januari 2018. Medcom.id/P. Aditya Prakasa
Polisi dan TNI menangkap pelaku begal yang kerap meresahkan warga Kota Bandung di Markas Polrestabes Bandung, Sabtu 12 Januari 2018. Medcom.id/P. Aditya Prakasa (P Aditya Prakasa)

Begal di Bandung Apes Setelah Diburu Polisi dan TNI

kekerasan aksi begal
P Aditya Prakasa • 12 Januari 2019 16:51
Bandung: ES, 30, sempat dirawat karena kritis setelah menjadi korban pencurian dengan kekerasan (begal). Dia terjatuh dari motor dan terluka cukup parah. II, 35, pelaku yang juga telah delapan kali membegal, bernasib apes setelah diburu polisi yang bekerja sama dengan TNI.
 
Wakil Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Bandung Kompol Suparma mengatakan, peristiwa itu terjadi saat perjalanan ES menuju tempat kerjanya dengan mengendarai motor pada Jumat pagi, 7 Desember 2018. Di kawasan Jalan Aceh, Kota Bandung, II yang juga mengendarai motor memepet kemudian menarik tas milik ES.
 
"Akibat tasnya ditarik oleh II kemudian korban ES ini terjatuh dari motonya. Korban mengalami luka cukup parah dan sempat kritis. (Korban) sampai saat ini dirawat di RS Dustira Cimahi," kata Suparma di Markas Polrestabes Bandung, Sabtu 12 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


TNI ikut terlibat karena korban merupakan PNS TNI di Detasemen POM Kodam III Siliwangi. Satuan Reskrim Polrestabes Bandung pun berkerja sama dengan Detasemen POM Kodam III Siliwangi memburu pelaku.
 
II kemudian ditangkap di sebuah rumah kawasan Kota Bandung. Saat ditangkap, di rumah tersebut tidak ditemukan senjata tajam maupun barang lainnya yang digunakan untuk melakukan aksi begal.
 
Dari hasil penangkapan II, polisi menemukan berbagai barang hasil curian seperti beberapa telepon genggam, tas, sepeda motor yang kerap digunakan untuk beraksi, dan sejumlah kartu identitas.
 
"Pelaku II sudah delapan kali melakukan aksi yang sama, dan terakhir di Jalan Braga, dia beraksi sendirian. Aksinya itu sangat membahayakan masyarakat, tapi pada prinsipnya Bandung tidak aman bagi pelaku kejahatan namun aman bagi warganya," kata dia.
 
Polisi jerat pelaku pelaku dengan pasal 365 ayat 1 dan 2 Ke-2e KUHP, dengan ancaman 12 tahun penjara. Saat II kini ditahan di Markas Polrestabes Bandung untuk menjalani proses hukum.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif