najemen Hero Grup, memberikan keterangan pers, Jumat 11 Januari 2019.
najemen Hero Grup, memberikan keterangan pers, Jumat 11 Januari 2019. (Farhan Dwitama)

PT Hero Supermarket PHK 532 Karyawan

phk
Farhan Dwitama • 11 Januari 2019 18:25
Tangsel: PT Hero Supermarket Tbk melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap 532 karyawan di 26 toko ritel. Persoalannya perusahaan tidak lagi mendapat keuntungan sejak kuartal ke-3 tahun 2018. 
 
“PT Hero Supermarket Tbk, mengalami penurunan total penjualan sebanyak 1 persen atau senilai Rp9,8 triliun dan pada tahun 2017 sebanyak Rp9,9 triliun,” kata Tony, di kantor Pusat PT Hero Supermarket Tbk, di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Jumat 11 Januari 2019.
 
Tony mengatakan penurunan kinerja ritel itu disumbang penjualan pada bisnis makanan menurun dibanding tahun sebelumnya. “Meski demikian, bisnis non makanan tetap menunjukkan pertumbuhan yang cukup kuat. Atas hal tersebut, perusahaan meyakini bahwa keputusan akan langkah efisiensi tersebut adalah hal yang paling baik dalam menjaga laju bisnis yang berkelanjutan,” terang Tony. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Tony, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group), telah menerapkan strategi yang mendukung keberlanjutan bisnis dengan memaksimalkan produktivitas kerja melalui proses efisiensi. 
 
“Sejauh ini dari 532 karyawan yang terdampak dari kebijakan efisiensi tersebut, sebanyak 92 persen karyawan telah mengerti dan memahami kebijakan efisiensi ini dan menyepakati untuk mengakhiri hubungan kerja,” kata dia. 
 
Tony mengatakan, 26 gerai ritel yang ditutup di sepanjang di seluruh wilayah di Indonesia ini adalah ritel Giant Supermarket. Para pekerja juga diklaim perusahaan telah mendapatkan hak sesuai dengan Undang-Undang Kementerian Tenaga Kerja RI No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. 
 
“Kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keberlangsungan usaha di masa yang akan datang” ujar Tony.
 
Hari ini sekitar 4.000 pekerja dari Serikat pekerja Hero Supermarket (SPHS) menggelar aksi demonstrasi di kantor pusat Hero di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. 
 
Pendemo menuntut perusahaan membatalkan PHK yang dilakukan sepihak perusahaan terhadap ratusan buruh. 

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif