Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (Antonio)

Sawah di Desa Sinarjati Terancam Gagal Panen

kemarau dan kekeringan
Antonio • 28 Juni 2019 18:38
Bekasi: Sejumlah lahan pertanian di Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi berpotensi gagal panen akibat kekeringan yang melanda wilayah tersebut.
 
Petani di wilayah setempat, Dede Supriyadi mengatakan, tanaman padi di lahannya telah memasuki masa tanam enam puluh hari. Kondisi tanaman tersebut mengering lantaran kekurangan air.
 
Seharusnya, kata dia, sudah mendekati masa panen namun justru mengering. "Kekeringan ini bisa dilihat, lumpur atau tanah yang ada di sawah juga sudah retak-retak, air di irigasi juga sudah tidak ada (air)," kata dia di Bekasi, Jumat 28 Juni 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia khawatir tanaman padinya akan gagal panen akibat kekeringan. "Kira-kira kalau gagal panen, bisa mencapai Rp10 jutaan setiap hektarnya," jelasnya.
 
Terpisah, Sekretaris Desa Sirnajati, Sadrudin mengungkapkan, terdapat sekitar 40 persen dari 20 hektare di wilayah itu yang terdampak kekeringan. "Terancam gagal jika berlanjut terus kekeringannya, kalau pun turun hujan sudah terlambat," sesalnya. 
 
Diketahui, tiga desa di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi dilanda kekeringan. Ketiganya yakni Desa Ridhogalih, Ridhomanah dan Desa Sirnajati. 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif