Warna-warni Jembatan Pelangi Antapani Bandung. Foto: Metrotvnews.com/Roni Kurniawan
Warna-warni Jembatan Pelangi Antapani Bandung. Foto: Metrotvnews.com/Roni Kurniawan (Roni Kurniawan)

Butuh 30 Jembatan Atasi Kemacetan di Bandung

jembatan
Roni Kurniawan • 24 Januari 2017 19:26
medcom.id, Bandung: Persimpangan dan perlintasan kereta api di Kota Bandung menjadi biang kemacetan. 
 
"Untuk mengurainya, butuh sekitar 30 jembatan," kata Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, usai peresmian Jembatan atau Overpass Antapani di Jalan Jakarta, Selasa (24/1/2017).
 
Namun, Pemkot Bandung tak bisa sekaligus membangunnya. Tahun ini, Emil, sapaan Ridwan, hanya mampu membangun maksimal lima jembatan. Antara lain di Jalan Soekarno-Hatta dan Jalas Dr Junjunan (Pasteur) hingga Jalan Pasopati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mudah-mudahan terealisasi tahun ini," ujarnya.
 
Jumlah itu belum termasuk satu jembatan yang akan dibangun Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pasalnya jembatan hadiah itu menyerupai Overpass Antapani (Jembatan Pelangi) yang menggunakan teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP).
 
CMP merupakan pengembangan teknologi Corrugated Sheel Arch lebih murah dan ramah lingkungan daripada konstruksi konvensional. Keunggulan dari teknologi ini di antaranya dapat menghemat dana hingga 60-70 persen dan dapat menghemat waktu pengerjaan hingga 50 persen jika dibandingkan dengan konstruksi konvensional.
 
Selain itu juga ramah lingkungan karena menggunakan lebih sedikit material konstruksi terutama bahan alam. Teknologi CMP mengganti komponen batuan dengan busa sehingga bisa mengambang tetapi dipastikan tidak mengurangi kekuatan konstruksi.
 
Emil berharap kemacetan terurai seiring semakin banyaknya jembatan yang dibangun. 
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif