Seorang petugas merazia makanan di sebuah pusat perbelanjaan di Aceh, Ant/ Rahmad
Seorang petugas merazia makanan di sebuah pusat perbelanjaan di Aceh, Ant/ Rahmad (Roni Kurniawan)

Jelang Ramadan, Pemkot Bandung Antisipasi Makanan Mengandung Boraks

razia makanan makanan sehat
Roni Kurniawan • 19 Mei 2015 14:32
medcom.id, Bandung: Jelang Ramadan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, Jawa Barat, akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional, modern, dan supermarket. Tujuannya untuk mengantisipasi makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.
 
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Bandung, Elly Wasliah, mengatakan, tim akan mengambil beberapa sampel makanan. Paling lambat, pemeriksaan dilakukan pada pekan ini.
 
"Makanan yang diduga kurang sehat seperti mengandung boraks atau formalin, akan diambil samplenya untuk diuji laboratorium. Seperti beras, buah-buahan dan lainnya. Kita akan sidak sebelum bulan Ramadhan dilaksanakan," ujar Elly di Bandung, Selasa (19/5/2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain mengambil sampel makanan, lanjut Elly, pihaknya akan memberikan penyuluhan kepada para pegadang dan pengelola supermarket mengenai ciri-ciri bahan makanan sehat. Dengan tujuan agar pedagang di pasar atau pengelola supermarket paham dan dapat selektif dalam menjual makanan.
 
"Para pedagang harus tahu dampaknya, makanya kita akan berikan mereka penyuluhan saat sidak nanti," tuturnya.
 
Selain sidak bahan makanan, Elly mengaku akan memantau kenaikan harga bahan pokok jelang Ramadhan di berbagai pasar secara rutin. Hal itu dilakukan, karena sudah menjadi budaya menjelang puasa, bahan pokok mengalami kenaikan secara drastis.
 
"Nanti juga kita akan pantau kenaikan harga pokok di beberapa pasar. Karena biasanya menjelang bulan Ramadhan harga bahan pokok selalu naik," pungkasnya.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif