Operasi gabungan tertib kendaraan bermotor di Cirebon, Jawa Barat. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Operasi gabungan tertib kendaraan bermotor di Cirebon, Jawa Barat. Medcom.id/Ahmad Rofahan (Ahmad Rofahan)

144 Ribu Kendaraan di Cirebon Tunggak Pajak

pajak kendaraan
Ahmad Rofahan • 25 Juni 2019 18:00
Cirebon: Samsat Sumber Cirebon terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor. Ratusan ribu kendaraan bermotor tidak membayar pajak.
 
"Kendaraan yang tidak membayar pajak, berjumlah 144.563 kendaraan. Paling banyak itu roda dua," kata Kepala Pusat Pengelola Badan Pendapatan Daerah Samsat Sumber Benny Suranata, Selasa, 25 Juni 2019.
 
Kendaraan bermotor di wilayah Sumber I sampai dengan Mei 2019 mencapai 482.245 kendaraan. Sebanyak 29 persen di antaranya kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) atau yang tidak membayar pajak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari total 482.245 kendaraan tersebut, terbagi dalam dua kategori kendaraan, yaitu roda dua dan empat. Untuk roda dua, berjumlah 427.352 kendaraan, sedangkan roda empat, berjumlah 54.893 kendaraan.
 
Ada beragam faktor masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Salah satunya ialah masyarakat seringkali lupa waktu jatuh tempo pajak kendaraannya.
 
"Faktor penyebab KTMDU rata-rata masyarakat itu lupa karena cenderung dipakai sehari-hari, STNK ditaruh didompet dan baru sadar belum bayar pajak saat ada operasi gabungan," lanjutnya.
 
Operasi gabungan tertib kendaraan bermotor ialah upaya Samsat Sumber Cirebon dalam mengedukasi masyarakat agar sadar dan siap ketika harus membayar pajak kendaraan.
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif