Jembatan Pelangi Jilid Dua akan Hadir di Bandung
Polisi lalulintas berjaga-jaga di jembatan Layang Antapani yang dipadati Kendaraan saat pra uji coba. (Media Indonesia/Bayu Anggoro)
medcom.id, Bandung: Jembatan layang berdesain unik akan kembali hadir di Kota Bandung, Jawa Barat. Jembatan ini diklaim tak kalah indah dengan Jembatan Antapani atau Jembatan Pelangi.

Kepastian itu disampaikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kamis, 4 Mei 2017. Dia bilang, jembatan akan dibangun oleh salah satu perusahaan asal Korea Selatan dalam bentuk hibah.

"Kemarin saya kedatangan pengusaha Korea Selatan, mereka cinta Bandung. Mereka tahu saya ada kerja sama dengan Seoul di berbagai bidang dan mereka akan menghibahkan satu infrastruktur flyover," katanya.


Pemilik sapaan Emil itu bilang, teknologi jembatan tidak akan jauh berbeda dengan Jembatan Layang Antapani. Pembangunan jembatan dengan teknologi beton bergelombang tersebut hanya membutuhkan waktu dua bulan.

Emil menuturkan, seluruh biaya pembangunan tersebut tidak menggunakan APBD Pemkot Bandung. "Harganya Rp20-25 miliar, hibahnya mereka," ujar Emil.

Namun, Emil belum bisa memastikan lokasi pembangunan jembatan tersebut. Pihaknya sedang melakukan kajian titik-titik potensial untuk dibangun jembatan layang.

"Mungkin titiknya di daerah Jalan Garuda yang macet dengan rel kereta, atau kemungkinan bisa di Soekarno Hatta. Kita lagi cari opsi tiga pilihan. Mudah-mudahan di ultah Bandung bisa diresmikan," tuturnya.



(SAN)