Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal. (Antara)

Kekeringan Mulai Melanda Lahan Pertanian di Garut

musim kemarau
Antara • 27 Juni 2019 18:07
Garut: Musim kemarau yang tahun ini datang lebih awal dari tahun lalu membuat sebagian lahan pertanian di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai mengalami kekeringan. Sejumlah petani juga mengalami kesulitan mendapat air untuk keperluan ladang.
 
"Dampak kemarau ini sangat berpengaruh pada persediaan air, akibatnya lahan pertanian ada yang kekeringan sedang, ringan dan berat," kata Kepala Bidang Sumber Daya
Dinas Pertanian Kabupaten Garut Deni Herdiana di Garut, Jawa Barat, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Deni menjelaskan Kabupaten Garut ada 470 hektare lahan yang mengalami kekeringan ringan, 214 hektare mengalami kekeringan sedang, 153 hektare lahan mengalami kekeringan berat, dan lima hektare lahan pertanian gagal panen akibat kekeringan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Deni areal persawahan yang dilanda kekeringan  berada di wilayah Garut bagian selatan seperti Kecamatan Bungbulang, Cikelet dan Pameungpeuk serta daerah utara seperti Leuwigoong, Cibatu, dan Cibiuk.
 
Dinas Pertanian Kabupaten Garut mengerahkan petugas untuk mendata daerah pertanian yang kena dampak kekeringan serta melakukan upaya-upaya untuk mengatasinya.
 
"Kita melakukan pendataan lalu melakukan pengaturan aliran air dan mencari sumber mata air dan program pompanisasi di daerah yang dilanda kekeringan," pungkas Deni.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif