Salah satu loket parkir di kawasan Universitas Indonesia disegel oleh mahasiswa. Foto: Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno
Salah satu loket parkir di kawasan Universitas Indonesia disegel oleh mahasiswa. Foto: Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno (Octavianus Dwi Sutrisno)

UI Bakal Akomodasi Keluhan Warga

penyegelan
Octavianus Dwi Sutrisno • 06 Juli 2019 21:09
Depok: Universitas Indonesia angkat bicara terkait kebijakan sistem berbayar terhadap kendaraan roda dua yang masuk ke lingkungan kampus, baik melalui akses depan maupun belakang. Kepala Hubungan Masyarakat Universitas Indonesia, Rifelly Dewi Astuti menuturkan pihaknya sangat memahami kampus UI Depok kerap dijadikan akses perlintasan warga setiap hari.
 
"Berkenaan dengan hal itu maka UI mengakomodasi kebutuhan tersebut, dengan menyediakan lintasan khusus bagi yang hanya melintas tanpa harus membayar biaya masuk kampus (bebas melintas selama 15 menit)," Ucap Rifelly saat dihubungi Medcom.id, Sabtu, 6 Juli 2019.
 
Direncanakan, uji coba sistem berbayar akan dilakukan pada 15-31 Juli 2019. Namun, sebelumnya akan ada sosialisasi terlebih dahulu, terutama bagi warga yang tempat tinggalnya berdekatan dengan Kampus UI. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelum penerapan sistem masuk kampus yang baru, tentunya kami akan melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu," bebernya.
 
Sementara itu, saat ditanya mengenai tarif parkir yang dibebankan terhadap kendaraan, Rifelly mengaku belum bisa menjawab secara detail. Pasalnya, surat keputusan mengenai sistem berbayar tersebut masih dalam tahap pengkajian.
 
"Kami akan segera memberikan update informasi kembali ketika sudah terbit SK resmi dari pimpinan UI," pungkasnya.
 
Sebelumnya, Universitas Indonesia (UI) Kampus Depok dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dikabarkan akan memungut tarif bagi kendaraan roda dua dan empat yang akan masuk di area kampus. Kabar akan adanya tarif tersebut dibuktikan dengan terpasangnya beberapa palang pintu berbayar.
 
Berdasarkan pantauan hampir, seluruh pintu masuk dan keluar di area kampus terlihat palang pintu yang berwarna kuning. Namun, palang pintu tersebut masih belum aktif sehingga kendaraan roda dua dan empat masih bisa lewat seperti biasa.
 
Baca: Mahasiswa Segel Loket Parkir di Kawasan UI
 
Kebijakan tersebut pun menuai penolakan. Mahasiswa menyegel salah satu loket parkir di kawasan UI.
 
Aksi penyelegan salah satu loket parkir itu dilakukan oleh mahasiswa dari Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), atau dikenal Poltek UI pada Jumat, 5 Juli 2019. Penyegelan dilakukan dengan cara melilitkan rantai dan memasang spanduk bertuliskan "Segel Komersialisasi".
 
Menurut mereka, pemberlakuan sistem berbayar tersebut menimbulkan keresahan bagi warga yang biasa menggunakan akses jalan kampus UI. "Dari depan sampai belakang dibuat loket parkir, kami menganggap ini adalah bentuk komersialisasi. Kasihan warga yang biasa menggunakan jalur dalam kampus," Ucap Iqbal Fauzan selaku Ketua BEM PNJ, Sabtu, 6 Juli 2019. 
 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif