Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan (Roni Kurniawan)

Tak ada Alasan Tolak Proyek Kereta Cepat

kereta cepat
Roni Kurniawan • 28 Juni 2019 12:18
Bandung: Bupati Bandung Barat Aa Umbara menahan izin proyek kereta cepat Jakarta-Bandung karena menanti komitmen pembangunan daerah dari kontraktor proyek. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) akan segera bertemu PT Kereta Cepat Indonesia Cina selaku pengembang proyek dan Umbara sebagai kepala daerah.
 
"Nanti saya ngobrol saja dengan KCIC. Karena enggak ada alasan untuk menolak, itu kan proyek strategis nasional. Nanti saya ngobrol dengan pak Umbara juga," kata Emil di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Jumat, 28 Juni 2019.
 
Emil menyebut Bupati Bandung Barat tidak punya alasan untuk menunda perizinan pembangunan kereta cepat yang melintasi kawasan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan proyek nasional yang di bawah kendali Presiden Joko Widodo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Walau demikian, Emil akan berbicara langsung dengan Umbara guna mencari jalan tengah keinginan daerah dan pengembang. Termasuk harapan Umbara ke pengembang agar memperbaiki beberapa akses jalan seperti di Cikalong dan Cipeundeuy.
 
Mantan Wali Kota Bandung ini sepakat proyek pembangunan harus bermanfaat bagi warga sekitar. "Saya memahami setiap daerah yang ada investasi tentu harus mendapatkan manfaat baik," tegas Emil.
 
Baca: Bupati Bandung Barat Tahan Izin Kereta Cepat
 
Sebelumnya, Bupati Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara mengaku masih belum mengeluarkan izin pembangunan kereta cepat di kawasan Cikalong Wetan. Hal itu dilakukan karena pihak PT KCIC belum melakukan komitmen dengan Pemkab Bandung Barat dengan hadirnya transportasi massal tersebut.
 
Salah satu komitmen yang diajukan yakni perbaikan akses jalan dari Kecamatan Cikalong Wetan ke Kecamatan Cisarua yang kini kondisinya dinilai belum layak.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif