Seorang petugas memeriksa produk makanan (Foto: Ant/Budiyanto)
Seorang petugas memeriksa produk makanan (Foto: Ant/Budiyanto) (Octavianus Dwi Sutrisno)

Ratusan Produk Makanan Bermasalah Ditemukan di Jawa Barat

razia makanan
Octavianus Dwi Sutrisno • 14 Juni 2016 19:09
medcom.id, Bandung: Balai Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Bandung, Jawa Barat, menemukan 257 produk makanan bermasalah yang beredar di pasaran. Ratusan produk makanan disita dalam sepekan razia awal Ramadan.
 
Ratusan produk makanan berbagai merek itu dijual sebagai menu buka puasa. Produk makanan itu rusak, kedaluwarsa, tanpa izin edar, dan tidak memenuhi ketentutan label.  
 
Kepala BPOM Bandung Abdul Rohim mengatakan, penemuan ratusan produk makanan yang bermasalah itu hasil tinjauan pihaknya di beberapa lokasi. Di antaranya di supermarket, pasar tradisional, maupun distributor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Cukup banyak. Ada lebih dari 200 item makanan yang petugas temukan. Mayoritas dalam kondisi rusak seperti kaleng susu yang penyok, banyak kemasan makanan yang robek, dan lainnya," kata Abdul Rohim saat dihubungi wartawan, Selasa (14/6/2016).
 
Produk makanan rusak paling banyak ditemukan di Kota Bandung. Sebanyak 52 item disusul beberapa daerah lain di antaranya Sukabumi, Cianjur, dan Bekasi.
 
"Kami juga masih menemukan makanan yang kedaluwarsa. Tapi jumlahnya memang tidak terlalu banyak," kata dia.
 
Petugas juga menemukan 36 produk tanpa izin edar. "Selain itu, 26 item tidak memenuhi ketentuan label juga telah diminta untuk tidak dipasarkan," imbuh dia.
 
Abdul meminta pengusaha atau pedagang memperhatikan produk makanan dan minuman yang dijual. Sebab makanan yang kedaluwarsa berbahaya untuk dikonsumsi.
 

(TTD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif