Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (Patricia Vicka)

Tiga Tol Akan Dibangun di DIY

infrastruktur pemerintah daerah
Patricia Vicka • 04 Juli 2019 09:54
Togyakarta: Sebanyak tiga tol akan dibangun di daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ketiganya adalah Tol Bawen- Jogja, Tol Jogja-Solo, dan Tol Jogja-Cilacap.
 
Ketua Tim Pelaksana harian Percepatan Pembangunan Prioritas (TP5) Rani Sjamsinarsih menjelaskan pembangunan ketiga proyek tol ini diampu oleh Pemerintah pusat. Hal itu lantaran sebagian besar tol sudah masuk ke dalam Program Strategis Nasional (PSN).
 
“Tinggal menunggu waktu saja kapan akan dibangun disini (Daerah Istimewa Yogyakarta),” ujar Rani saat syawalan bersama wartawan Kepatihan di Yogyakarta, Rabu 3 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Dinas Pekerja Umum Perumahan Rakyat dan Energi Sumber daya Mineral Hananto menjelaskan saat ini Pemda DIY baru menyepakati trase (jalur Tol) Bawen- Yogyakarta. Jalur Tol ini akan melewati Bawen-Secang-Borobudur-Sleman Yogyakarta. Sebagian trase Tol Jogja-Bawen akan dibangun melayang (elevated) di atas selokan Mataram.
 
“Trase Tol Jogja-Bawen sudah disepakati,” tegas Hananto..
 
Sementara untuk trase tol Yogyakarta-Solo, Pemda DIY dan Pemerintah pusat masih terus berkordinasi mencari lokasi yang memenuhi lima persyaratan dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pihaknya menargetkan penetuan trase Tol Jogja-Solo rampung akhir Juli 2019. Selanjutnya akan diadakan lelang pada Agustus mendatang.
 
“Kami berharap secepatnya bisa diselesaikan. Sekarang sedang disurvei untuk pemetaan trase sesuai yang disarankan oleh Sultan,” kata Hananto.
 
Sedangkan trase tol Yogyakarta-Cilacap masih menunggu pemerintah pusat menetapkannya ke dalam proyek strategis nasional.
 
Hananto menambahkan hingga kini Pemda DIY belum menyetujui rencana pembangunan tol yang menghubungkan Bandara International Yogyakarta ke Borobudur Jawa tengah. Pasalnya rencana tersebut tidak tertuang dalam Rencana Tata Ruang Pemda DIY.
 
“Prinsipnya pak Bubernur tidak menolak adanya Tol. Tapi Dalam rencana tata Ruang Pemda DIY tidak ada Tol Borobudur-Yogyakarta (bandara YIA). Maka tidak ada acuannya untuk membangun itu (tol),”pungkasnya.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif