Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (ant)

Tersangka Pemeras Plt Bupati Cianjur Ditahan

pemerintah daerah pemerasan
ant • 01 Juli 2019 09:22
Cianjur: Kejaksaan Negeri Cianjur menitipkan empat tersangka kasus pemerasan terhadap Pelaksana Tugas Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman, ke LP Kelas II B Cianjur. Upaya itu dilakukan sambil menunggu pemberkasan hasil penyidikan sebelum dilimpahkan ke PN Cianjur.
 
"Sejak Kamis, 27 Juni kami titipkan keempat tersangka itu ke LP Kelas II B Cianjur. Penahanan terhadap mereka dilakukan setelah kami mendapat limpahan berkas dari Polda Jabar dan Kejati Jabar," terang Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur, Yudhi Syufriadi, Minggu, 30 Juni 2019.
 
Keempat tersangka ialah RM, N, SJS alias Awing, dan DW. Mereka diduga bersekongkol dengan M, yang saat ini menjadi terdakwa dalam perkara serupa. Mereka beraksi memeras Plt Bupati Cianjur pascaoperasi tangkap tangan petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati nonaktif Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, akhir tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Situasi dan kondisi pemerintahan yang saat itu cenderung limbung dimanfaatkan terdakwa yang dibantu rekan-rekannya. Diduga, tujuan para terdakwa, yang mengaku bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, memanfaatkan situasi pemerintahan di Cianjur sehingga bisa mendapatkan keuntungan finansial.
 
Herman akhirnya memberikan uang Rp30 juta karena didasari rasa kesal terhadap terdakwa M dan rekan-rekannya yang setiap hari menghubunginya.
 
Selama itu terdakwa dan rekan-rekannya bertemu tiga kali dengan Herman. Pada pertemuan pertama, komplotan tersebut membicarakan persoalan OTT yang dilakukan KPK terhadap Irvan. Kedua, mereka berterus terang meminta sejumlah uang kepada Herman sambil menyerahkan nomor rekening bank. Pada pertemuan ketiga sekitar 19 Desember 2018, ada penyerahan uang.
 
Kepala LP Kelas II B Cianjur, Gumilar, mengaku menerima titipan empat tahanan dari Kejari Cianjur yang tiba pada Kamis 27 Juni 2019 sekitar pukul 21.30 WIB. Mereka terdiri atas dua laki-laki dan dua perempuan.
 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif