Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal. (Antara)

Cianjur Minim Hindran untuk Pemadam Kebakaran

kebakaran
Antara • 27 Juni 2019 17:32
Cianjur: Kantor Satpol PP dan Damkar Cianjur, Jawa Barat, mencatat minimnya fasilitas hidran di wilayah perkotaan terutama di lokasi padat bangunan dan perkampungan warga. Kondisi tersebut dinilai akan menyulitkan petugas saat melakukan penanganan kebakaran.
 
Bahkan petugas pemadam kebakaran harus mengambil air dari sungai yang berjarak cukup jauh untuk memadamkan kobaran api saat terjadi kebakaran seperti yang terjadi di Kelurahan Muka beberapa waktu lalu, meskipun terdapat titik hidran.
 
Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Pol PP dan Damkar Cianjur, Eman Sulaeman mengatakan pihaknya tidak memiliki data pasti terkait jumlah hidran di wilayah perkotaan Cianjur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai saat ini kewenanganannya bukan di pemadam kebakaran, sehingga berapa jumlah pastinya, kami tidak tahu dan tidak memiliki datanya. Perkiraan dari anggota kurang dari 10 unit," kata Eman di Cianjur Kamis, 27 Juni 2019.
 
Eman menjelaskan selama ini petugas pemadam kebakaran belum pernah menggunakan sumber air dari hidran untuk penanganan kebakaran karena tidak memiliki kunci untuk membuka bagian penutup hidran.
 
"Kami tidak tahu kuncinya ada di siapa dan apakah memang berfungsi atau tidak. Meskipun keberadaannya sangat diperlukan dan idealnya dalam penanganan kebakaran di wilayah perkotaan dapat menggunakan fasilitas tersebut," jelas Eman.
 
Menurut Eman selama ini petugas lebih memilih mengambil air dari sumber yang ada. seperti sungai Cianjur dan beberapa sungai lainya di wilayah perkotaan, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama karena TKP jauh dari sumber mata air.

 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif