Arus lalu lintas di Jembatan Cisomang yang dapat dilalui kendaraan pribadi, sementara bus dan kendaraan bertonase berat dialihkan ke Purwakarta, Ant - Wahyu Putro A
Arus lalu lintas di Jembatan Cisomang yang dapat dilalui kendaraan pribadi, sementara bus dan kendaraan bertonase berat dialihkan ke Purwakarta, Ant - Wahyu Putro A (Antara)

Mulai Hari Ini, Bus Bisa Lewati Jembatan Cisomang

jembatan
Antara • 23 Februari 2017 12:20
medcom.id, Purwakarta: Kendaraan bus bisa melewati Jembatan Cisomang di Tol Purbaleunyi mulai Kamis 23 Februari 2017. Jembatan tersebut berada di jalur tol yang menghubungkan Jakarta dengan Bandung, Jawa Barat.
 
Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan keputusan itu sesuai dengan hasil rapat pemangku kepentingan. Rapat menyatakan jembatan siap dilintasi kendaraan bermuatan di bawah 15 ton.
 
"Mulai detik ini, Polda Jabar, Jasa Marga, Bina Marga, Dishub resmi mempersilakan kendaraan bus untuk melewati Jembatan Cisomang," kata Royke saat memantau kondisi Jembatan Cisomang, Jawa Barat, Kamis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia pun menjamin keselamatan pengguna jalan yang melintasi infrastruktur tersebut. Sebab Dinas Pekerjaan Umum menyediakan alat robotic global station (RGS) untuk memantau pergerakan jembatan.
 
"Bila ada kondisi darurat, lalu lintas bakal dihentikan," ujar Royke.
 
Ketua Tim Jasa Marga Silvester Aryan Widodo mengatakan RSG bakal memonitor pergerakan semua pilar jembatan. "Bahkan pergerakan pilar beberapa milimeter pun kami tahu," kata Aryan.
 
Sementara pengerjaan konstruksi Jembatan Cisomang tetap berlanjut. Aryan memperkirakan pengerjaan rampung pada akhir Maret 2017.
 
"Bulan April, semua kendaraan bisa lewat. Kami berupaya bekerja secepatnya," lanjut Aryan.
 
Baca: Tiang Jembatan Cisomang Retak, Lalu Lintas Kendaraan Dialihkan
 
Pada Desember 2016, jembatan di Km 99 Tol Cipularang retak dan bergeser hingga 57 Cm. Kondisi itu membuat pengendara tak aman untuk melintas, terutama kendaraan besar dan bertonase berat.
 
Polisi pun membatasi beban lalu lintas di Jembatan Cisomang. Kendaraan dari Jakarta menuju Bandung dialihkan ke Jatiluhur dan Padalarang.
 
Sementara kendaraan dari Bandung menuju Jakarta dialihkan ke Padalarang lalu Sadang dan Jatiluhur. Pengalihan lalu lintas pun mengakibatkan pengendara harus menempuh perjalanan lebih lama.
 
Biasanya, waktu tempuh Jakarta-Bandung melewati jembatan tersebut hanya kurang lebih 4 jam. Namun semenjak dialihkan, waktu tempuh menjadi lebih lama hingga tujuh jam.

 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif