Situasi tiang pancang Tol BORR Seksi IIIA aamruk di Bogor, Jabar.
Situasi tiang pancang Tol BORR Seksi IIIA aamruk di Bogor, Jabar. (Rizky Dewantara)

Proyek Tol Borr Seksi IIIA Dihentikan Sementara

kecelakaan kerja
Rizky Dewantara • 10 Juli 2019 11:58
Bogor: Pengerjaan proyek Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi III A di simpang Yasmin hingga simpang Semplak, Kota Bogor, Jawa Barat, dihentikan sementara. Peristiwa itu mengakibatikan dua pekerja luka-luka.
 
"Untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, PT MSJ untuk sementara menghentikan pekerjaan proyek jalan tol BORR Seksi III A," ujar Direktur Utama (Dirut) PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmodjo di lokasi, Rabu, 10 Juli 2019. 
 
Hendro menyatakan pihaknya akan mengevaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh bersama Kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan Konsultan PT Indec KSO. Evaluasi wajib dilaksananakan agar kejadian tidak terulang kembali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk mengidentifikasi lebih lanjut penyebab kejadian ini, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan meninjau ke lokasi untuk penelitian dan mengevaluasi penyebab kejadian," bebernya.
 
Baca: Dua Pekerja Terluka Akibat Tiang Pancang Tol Borr Ambruk
 
Dia mengungkap ambruknya tiang pancang terjadi saat petugas konstruksi melakukan pengecoran beton. Saat itu balok penyangga atau formwork (cetakan Pier Head) tidak kuat. 
 
"Sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan Sholeh Iskandar, Kota Bogor," ungkapnya. 
 
Hendro menerangkan insiden terjadi saat pengecoran pada truck mixer yang ke-22 dari total rencana 25 truck mixer. Tepatnya di Pier 10 di depan Perumahan Taman Sari Persada, Kota Bogor, Jawa Barat. 
 
Baca: Tiang Pancang Tol Borr Ambruk
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif