Presiden Joko Widodo bersama K.H. Adib Rofiuddin dan sejumlah menteri di Pondok Buntet Pesantren -- MTVN/Ahmad Rofahan
Presiden Joko Widodo bersama K.H. Adib Rofiuddin dan sejumlah menteri di Pondok Buntet Pesantren -- MTVN/Ahmad Rofahan (Ahmad Rofahan)

Jokowi: Raja Salman Sudah Saya Payungi & Sopiri, kok Investasinya Kecil

raja salman
Ahmad Rofahan • 13 April 2017 16:11
medcom.id, Cirebon: Presiden Joko Widodo menghadiri Haul Al-Marhumin Sesepuh dan Warga di Pondok Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat. Pada kesempatan itu, Jokowi bercerita saat Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz berkunjung ke Indonesia.
 
Jokowi berkisah, hujan deras mengguyur saat Raja Salman dan rombongan berkunjung ke Istana Bogor. Hujan turun persis setelah rombongan Raja Salman melewati gerbang istana.
 
"Hujan tersebut adalah berkah," kata Jokowi di depan para kiai dan santri Pondok Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat, Kamis 13 April 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat itu, lanjut Jokowi, dirinya inisiatif memayungi sendiri Raja Salman. Ia sengaja tidak mengintruksikan ajudan atau pengewal kepresidenan. Bahkan, Jokowi juga rela menyopiri Raja Salman dengan mobil golf yang telah disediakan.
 
Jokowi:  Raja Salman Sudah Saya Payungi & Sopiri, <i>kok</i> Investasinya Kecil
Presiden Jokowi saat memanyungi Raja Salman setibanya di Istana Bogor, Bogor, (1/3/2017). AFP/Pool/Ahmad Ibrahim
 
Namun, Jokowi mengaku kecewa karena Raja Salman ternyata melakukan investasi lebih besar ke Tiongkok dibandingkan ke Indonesia. "Padahal sudah saya payungi dan saya sopiri langsung, kok dapatnya lebih kecil. Saya kecewa, tapi sedikit," katanya disambut tawa hadirin.
 
Menurut Jokowi, Arab Saudi hanya berinvestasi Rp89 triliun ke Indonesia. Sedangkan di Tiongkok, pemerintah Arab Saudi menanamkan investasi sebesar Rp870 triliun.
 
Indonesia, kata Jokowi, akan kembali menjalin komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi agar bersedia menanamkan investasinya di Indonesia. "Mohon doanya dari para kiai semua," ujarnya.
 
Setelah acara tersebut, Presiden bersilaturahmi dengan sekitar 20 kyai sesepuh pimpinan pondok pesantren. Pertemuan digelar di kediaman pimpinan Pondok Pesantren Buntet, K.H. Adib Rofi'udin.
 
Sebelum meninggalkan kawasan Pondok Buntet Pesantren, Presiden meletakkan batu pertama Pembangunan GOR Mbah Muqoyyim dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pondok Buntet Pesantren.
 
Baca juga: Presiden Jokowi Silahturahmi ke Ponpes Buntet
 
Dalam kunjungan kerja ini, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Agama Lukman Hakim Sjaifuddin, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar juga tampak dalam rombongan.
 
 
 

(NIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif