Dana yang dipangkas selanjut dialokasikan untuk pos pembiayaan proyek lain infrastruktur transportasi. Terutama di luar Jawa yang membutuhkan investasi lebih besar.
"Contohnya jalan di perbatasan, lahan untuk high grade highway di Sumatera dan pembangunan jalan di Papua,” ujar kata Sekjen Kementerian PUPR Taufik Widjojono di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (14/7/2015).
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Arus mudik yang baru berjalan beberapa hari ini sudah membuktikan bahwa Tol Cipali sangat efektif mengurangi kepadatan di Jalur Pantura. Pengurangan sangat signifikan ini juga akan berlangsung pada hari-hari selanjutnya, terutama untuk arus barang.
Setelah kepadatannya berkurang, otomatis usia ruas jalan di Jalur Pantura akan lebih baik dibanding sebelum-sebelumnya. Artinya anggaran perawatan rutin menjadi lebih kecil pula dibanding selama ini.
"Anggaran untuk Jalur Pantura tahun depan bisa berkurang sampai 40 persen," papar Taufik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
(LHE)