Petugas temukan mi berformalin di Bandung, Metrotvnews.com/ Roni Kurniawan
Petugas temukan mi berformalin di Bandung, Metrotvnews.com/ Roni Kurniawan (Roni Kurniawan)

Mi Berformalin dan Mengandung Boraks Ditemukan di Bandung

razia makanan makanan sehat
Roni Kurniawan • 13 Juli 2015 11:30
medcom.id, Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, menemukan mi basah mengandung formalin dan boraks di pasar tradisional. Temuan itu didapat setelah petugas gabungan menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional dan swalayan.
 
"Mie basah mengandung formalin sangat tinggi (maksimal) karena warnanya ungu pekat (pada kertas indikator) yang menandakan kandungan formalin di atas 100 ppm," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Elly Wasliah di Pasar Cihaurgeulis, Kota Bandung, Senin (13/7/2015).
 
Petugas juga menemukan mi basah diduga mengandung boraks. Secara fisik, mi kenyal saat ditarik. Warna mi pun mengkilap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketahanan mi bisa satu hingga dua dua minggu," ujar Fauzi, staf Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM, yang ikut dalam sidak.
 
Petugas lalu menelusuri tempat penyuplai dan pabrik mi. Sementara sisa mi hasil temuan langsung dibawa petugas BPOM Bandung.
 
"Nanti kita akan telusuri pabriknya. Untuk sekarang kita cari pedagangnya juga yang ada di pasar Ciroyom. Karena bapak yang di sini (pasar Cihaurgeulis) belinya di sana. Sisa minya kita bawa sebagai barangbukti," jelas Fauzi.
 
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif