Foto: Ilustrasi pembangunan jembatan/Ant_Yusuf Nugroho
Foto: Ilustrasi pembangunan jembatan/Ant_Yusuf Nugroho (Antara)

Jembatan Ibun-Kamojang Segera Tersambung

jembatan infrastruktur
Antara • 19 November 2015 11:32
medcom.id, Bandung: Jembatan yang menghubungkan jalan baru Ibun, Kabupaten Bandung dengan Gunung Kamojang, Kabupaten Garut segera tersambung. Jembatan ini akan meningkatkan arus lalu lintas di kawasan perbatasan kedua kabupaten itu.
 
"Jalannya sudah membentang dan sudah dilakukan pengerasan. Jembatannya juga sedang dikerjakan dan akan segera tersambung," kata Firman, seorang warga Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (19/11/2015).
 
Menurut dia, jalan itu akan menggantikan jalur Monteng yang sangat curam dan berbahaya bagi lalu lintas. Nantinya jalur monteng akan dialihkan ke jalur baru itu yang tanjakannya agak lebih landai. Dengan demikian tidak melintasi jalur Monteng yang terjal dan kerap terjadi kecelakaan lalu lintas khususnya pada musim penghujan karena jalanan licin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jalan yang sekarang sebenarnya jalan lama yang diperlebar, kemudian menyeberang dengan menggunakan jembatan yang kemudian tersambung ke jalur Monteng bagian bawah," ujar dia.
 
Pembukaan jalur itu dilakukan oleh Bupati Bandung H Dadang M Naser beberapa bulan lalu. Dengan kondisi jalan yang lebih baik diprediksi arus lalu lintas dan perekonomian antara Majalaya dan Garut akan lebih optimal. "Selama ini jalur itu jarang dilintasi karena jalannya terjal, tapi nanti mungkin lebih ramai. Namun tentunya jalur ke Ibun juga harus diperlebar," kata dia.
 
Saat ini jalur itu dilayani oleh angkutan desa yang menghubungkan Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung-Kamojang-Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Jalur itu juga jalur wisata ke Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Kamojang. Selain jalur Ibun - Kamojang, Kabupaten Bandung juga membangun dan memperbaiki jalur tembus Cibeureum-Cihawuk-Darajat dengan memperlebar dan melakukan pembetonan jalur tanjakan di kawasan Bandung selatan itu. Jalur itu selama ini hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua, namun pada musim kemarau lalu sudah mulai bisa dilintasi kendaraan roda empat ukuran kecil.
 
 
 

(TTD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif