Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Roni Kurniawan)

Polemik Sekda Bandung Dinilai Tepat Dibawa ke PTUN

lelang jabatan
Roni Kurniawan • 03 Juli 2019 17:50
Bandung: Benny Bachtiar melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kota Bandung terkait seleksi terbuka (open bidding) jabatan tinggi pratama Sekda Kota Bandung, Langkah ini dianggap tepat untuk mencari kepastian hukum.
 
Pengamat hukum dan pemerintahan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Firman Manan menilai langkah peserta lelang jabatan yang berpolemik layak secara hukum. Putusan PTUN akan membuktikan keputusan Wali Kota Bandung Oded M Danial yang memilih melantik Ema Sumarna akan diukur oleh jaksa.
 
Apalagi, Kementerian Dalam Negeri maupun Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah memerintahkan Oded untuk melantik Benny Bachtiar sebagai Sekda sesuai dengan keputusan. "PTUN itu akan membuktikan apakah langkah Mang Oded itu (melantik Ema Sumarna) secara hukum benar atau tidak. Itu akan kita lihat nanti (putusannya)," ujar Firman di Bandung, Rabu, 3 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keputusan Oded melantik Ema Sumarna dinilainya lebih karena pertimbangan politis, bukan berdasarkan perspektif hukum normatif. Firman memastikan ada pelanggaran hukum administrasi bila PTUN memenangkan Benny.
 
Hanya saja, kata Firman, putusan PTUN dikembalikan kepada pejabat bersangkutan yakni Wali Kota Bandung. Putusan PTUN tidak memiliki kekuatan eksekusi seperti pengadilan negeri atau pengadilan tinggi.
 
"Kalau misalkan Wali Kota mematuhi putusan PTUN, kemudian Ema diganti. Maka tidak perlu ada seleksi lagi, Benny tinggal dilantik. Lain soal kalau Benny kalah. Selesai," ungkapnya.
 
Benny Bachtiar menggugat Wali Kota Bandung Oded M. Danial atas pelantikan Ema Sumarna sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung pada Mei 2019. Gugatan telah masuk ke PTUN Bandung pada Senin, 2 Juli 2019 dan sidang perdana segera dimulai dalam waktu dekat.
 
Biro Hukum Pemkot Bandung, Bambang Suhari mengatakan, pengangkatan serta pelantikan Ema Sumarna sebagai Sekda oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial tidak melanggar aturan. Bahkan Pemkot Bandung telah memiliki bukti kuat yang akan diungkap saat persidangan.
 
"Kami sebagai kuasa hukum saat ini menganggap pengangkatan Pak Ema sebagai Sekda Kota Bandung sah dan benar. Itu yang coba kami perkuat," ujar Bambang dihubungi terpisah.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif