Calon siswa didampingi orang tua/wali murid melakukan PPDB SMP jalur zonasi di Bekasi. (ANT/Risky Andriant)
Calon siswa didampingi orang tua/wali murid melakukan PPDB SMP jalur zonasi di Bekasi. (ANT/Risky Andriant) (Antonio)

Pendaftar Jalur Afirmasi Tingkat SMP di Bekasi Membeludak

PPDB 2019
Antonio • 27 Juni 2019 17:17
Bekasi: Pendaftar penerimaan peserta didik baru (PPDB) daring tingkat SMP yang melalui jalur afirmasi, untuk siswa kurang mampu di Kota Bekasi, Jawa Barat, melebihi daya tampung. Kuota untuk jalur afimasi disediakan 10 persen, dari kuota jalur zonasi 93 persen. 
 
Kepala Seksi SMP pada Dinas Pendidikan Kota Bekasi Mawardi menjelaskan 10 persen dari total daya tampung sebanyak 14.544 siswa untuk 56 sekolah se-Kota Bekasi, yakni 1.454 siswa. Sedangkan jumlah pendaftar yang melalui jalur afirmasi tercatat 1.519 orang.
 
"Sehingga ada kelebihan sebanyak 65 orang yang bakal tereliminasi dalam pendaftaran PPDB online melalui jalur afirmasi," ujarnya, di Bekasi, Kamis, 27 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan jarak antara tempat tinggal calon siswa dan sekolah bakal memengaruhi perolehan poin masuk ke sekolah yang dituju. Dia memastikan yang terdekat dengan sekolah tujuan lebih berpeluang diterima.
 
Mawardi menjelaskan syarat siswa yang mendaftar melalui jalur afirmasi ialah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Pendaftar juga harus tercatat dalam Program Keluarga Harapan (PKH) serta tercatat dalam basis data terpadu Dinas Sosial.
 
"Verifikasi dilakukan di kantor kecamatan dan dinas sosial sampai 20 Juni lalu, sampai sekarang belum ada penemuan manipulasi data (pendaftar melalui jalur afirmasi)," jelasnya. 
 
Dia menerangkan pendaftaran peserta didik baru di Kota Bekasi akan dibuka daring mulai Senin, 1 Juli 2019 mendatang. Proses pra pendaftaran telah dimulai sejak 17 Juni hingga 29 Juni, berupa verifikasi berkas setiap jalur pendaftaran mulai zonasi radius, afirmasi, prestasi sampai perpindahan orang tua.
 
Pendaftaran jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua telah ditutup pada Kamis, 20 Juni 2019. Sementara, pendaftaran jalur zonasi masih dibuka hingga Sabtu, 29 Juni 2019.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif