Peserta operasi katarak gratis, di Bandung Barat, Jawa Barat. Foto: Medcom.id
Peserta operasi katarak gratis, di Bandung Barat, Jawa Barat. Foto: Medcom.id (Roni Kurniawan)

Bupati Bandung Barat Apresiasi Operasi Katarak Gratis

bca kick andy
Roni Kurniawan • 25 Juni 2019 18:15
Bandung: Bupati Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara mengapresiasi kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis yang diselenggarakan Yayasan Kick Andy bersama Bank Central Asia (BCA) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa, 25 Juni 2019.
 
Aa menuturkan adanya program operasi katarak gratis turut membantu Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengurangi penderita katarak. 
 
"Yang jelas bahwa ini sangat bermanfaat buat masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Bandung Barat. Dan tentunya ini sebuah ibadah, orang yang tidak bisa melihat dengan jelas jadi bisa melihat," ujar Aa usai menghadiri pembukaan operasi katarak gratis .

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aa mengaku, masih banyak warga yang membutuhkan pertolongan untuk mengatasi penyakit katarak. Hadirnya program dari Yayasan Kick Andy bersama BCA membuat Pemkab Bandung Barat terbantu, karena ratusan orang mendapat kesempatan untuk memperbaiki penglihatan. 
 
"Masih banyak masyarakat yang membutuhkan karena ini masih sebagian kecamatan, ini kita ada 16 kecamatan," sambungnya.
 
Ia berharap, program tersebut kembali hadir di Bandung Barat terutama bagian selatan yang tidak bisa datang ke Cikalong Wetan karena jarak tempuh yang jauh. 
 
"Dan mudah-mudahan dengan teman-teman yang lain bisa kembali di Kabupaten Bandung Barat karena sangat bermanfaat buat masyarakat," paparnya.
 
Aa mengatakan anggaran yang tersedia di Pemkab Bandung Barat belum mampu menjamah semua masyarakat tidak mampu untuk melakukan program operasi katarak gratis. Peran pihak ketiga menjadi upaya Pemkab Bandung Barat untuk menekan angka masyarakat yang memiliki penyakit katarak.
 
"Dan tentu saja bantuan ini diharapkan Kabupaten Bandung Barat, karena memang APBD kita belum maksimal, anggaran kita belum maksimal. Kalau ada yang bantu seperti ini, ya kita juga bagaimana saling bantu," pungkas politisi dari Partai NasDem ini.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif