Ilustrasi pedagang ayam. Medcom.id/Anwar Sadat Guna
Ilustrasi pedagang ayam. Medcom.id/Anwar Sadat Guna (Ahmad Mustaqim)

Harga Daging Ayam di Yogyakarta Belum Stabil

pangan harga ayam
Ahmad Mustaqim • 11 Juli 2019 08:06
Yogyakarta: Harga daging ayam di wilayah Yogyakarta masih belum stabil. Namun, pemerintah setempat menyebut harga daging ayam dalam beberapa terakhir mulai ideal.
 
Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Yanto Apriyanto mengatakan harga daging ayam broiler di sejumlah pasar tradisional berada di angka Rp33 ribu per kilogram (kg). Sejumlah pasar yang disurvei di antaranya Pasar Beringharjo, Pasar Demangan, dan Pasar Kranggan.
 
"Pantauan kami pada hari kemarin, harga daging ayam sekitar Rp33 ribu. Turun dibanding sehari sebelumnya, Rp34 ribu per kg," kata dia di Yogyakarta pada Rabu, 10 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, kondisi harga ayam masih fluktuatif lantaran masih naik-turun dengan selisih cukup besar. Sementara, harga telur ayam rata-rata sekitar Rp22.600 per kg.
 
"Harga daging ayam saat ini sudah sesuai acuan pemerintah, sudah ideal," kata dia.
 
Harga ayam hidup masih berkutat Rp18 ribu hingga Rp19 ribu per kg. Ini merupakan harga jual dari peternak.
 
Harga yang membaik ini karena pasokan tak lagi berlebih sehingga serapan konsumen di pasar juga ikut memengaruhi. Yanto berharap peternak ayam bisa memperkirakan kebutuhan di pasar. Hal ini untuk mengantisipasi potensi melimpahnya stok. Ia juga meminta peternak bisa menekan besarnya biaya produksi.
 
"Asosiasi (pedagang ayam) perlu komunikasi terus dalam pembagian kuota (kebutuhan daging ayam) di pasar. Jangan sampai terjadi banyak stok tapi tidak terserap," ungkapnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif