Situasi Uji coba Malioboro Bebas Kendaraan tahap pertama. Medcom.id/Patricia Vicka
Situasi Uji coba Malioboro Bebas Kendaraan tahap pertama. Medcom.id/Patricia Vicka (Patricia Vicka)

Hotel di Yogyakarta 80% Terisi saat Musim Libur Sekolah

hotel yogyakarta
Patricia Vicka • 10 Juli 2019 18:09
Yogyakarta: Tingkat hunian (okupansi) hotel di Kota Yogyakarta selama masa liburan anak sekolah mendekati 80 persen. Bahkan, hotel yang berada di kawasan Malioboro, Tugu Yoyakarta dan Keraton Yogyakarta hampir penuh dipesan.
 
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Istijab Danunagoro mengatakan okupansi hotel bintang tiga ke atas mencapai 70 hingga 80 persen.
 
"Kalau hotel di ring satu seperti Malioboro, Tugu dan Keraton ada yang sampai 100 persen,"kata Istijab di Yogyakarta, Rabu 10 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hotel bintang dua, satu dan non bintang tingkat hunian rerata 40 hingga 60 persen. Peningkatan jumlah kunjungan tamu hotel mulai dirasakan sejak akhir Juni 2019. Pada bulan tersebut banyak widiawisata (study tour), kegiatan internasional, eksebisi serta pertemuan.
 
"Ïni berkah buat pengelola hotel. Setelah beberapa bulan kemarin sempat sepi pengunjung," kata dia.
 
Tingginya penghuni hotel diperkirakan berlangsung hingga minggu ketiga Juli 2019. Peluang ini ditangkap sejumlah pelaku bisnis dengan beragam promosi.
 
Public Relation Manager Hotel Tentrem Adventa Pramushanti mengatakan, hotel tempatnya bekerja kebanjiran tamu pada liburan sekolah tahun ini. Dia pun mengakui tingkat hunian di Juni 2019 mencapai 87 persen. Sementara okupansi di Juli masih di atas 75 persen.
 
"Tahun lalu, tingkat keterisian hotel saat liburan sekolah masih di 80 persen,"kata dia.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif