BI DIY Siapkan Rp7,9 Triliun untuk Ramadan dan Lebaran

Ahmad Mustaqim 16 Mei 2018 16:23 WIB
Ramadan 2018
BI DIY Siapkan Rp7,9 Triliun untuk Ramadan dan Lebaran
Ilustrasi uang, Medcom.id - M Rizal
Yogyakarta: Bank Indonesia Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan uang pecahan total Rp7,9 triliun untuk Ramadan dan Idulfitri 1439 Hijriah. Penyediaan uang pecahan ini didasarkan atas transaksi penukaran dan penarikan uang di tingkat masyarakat. 

Uang pecahan itu terbagi atas dua kategori. Uang pecahan kecil yang nilainya Rp20 ribu ke bawah, sekitar Rp800 miliar. Sedangkan, sisanya  berupa uang pecahan besar dari Rp20 ribu ke atas. 

Kepala Bank Indonesia Perwakilan DIY Budi Hanoto mengungkapkan uang pecahan Rp7,9 triliun itu untuk anggaran April hingga Juni 2018. Namun, kebutuhan lebih besar diperkirakan jatuh pada Mei hingga Juni. 


"Perilaku masyarakat dalam penggunaan uang kartal saat lebaran selalu meningkat. Tahun ini ditambah dengan masuk liburan sekolah," kata Budi di Ruang Rapat Besar Kantor BI Perwakilan DIY, Rabu, 16 Mei 2018. 

Selain dari transaksi masyarakat, penganggaran juga dilihat dari catatan setiap bank mengenai transaksi langsung atau pun tak langsung. Menurut dia, nilai anggaran yang pecahan yang BI DIY sediakan akan cukup untuk kebutuhan Idul Fitri 1439 H. 

"Kebutuhan estimasi untuk Ramadan dan lebaran ini Rp7,9 triliun. Kami yakin nilai ini akan cukup karena nilainya lebih tinggi Rp2,4 triliun dari realisasi tahun sebelumnya," ungkapnya. 

Ia meminta masyarakat tak perlu khawatir untuk kelancaran bertransaksi selama ramadan dan lebaran. Sebab, penganggaran juga telah disesuaikan dengan kondisi nasabah setiap bank dan untuk masyarakat secara umum. 

"Kami mengimbau, penukaran uang dilakukan di tempat resmi karena tak dipungut biaya. Namun, BI tetap mendorong transaksi non tunai, seperti e-money, kartu debit, atau kartu kredit untuk keamanan transaksi," jelasnya. 



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id