Proses pantauan pasar terhadap kebutuhan pokok yang dilakukan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Kementerian Perdagangan. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
Proses pantauan pasar terhadap kebutuhan pokok yang dilakukan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Kementerian Perdagangan. Medcom.id-Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Harga Kebutuhan Pokok di Yogyakarta Melonjak

pangan
Ahmad Mustaqim • 02 Mei 2019 16:49
Yogyakarta: Harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Yogyakarta melonjak jelang Ramadan. Salah satunya harga bawang putih di Pasar Beringharjo, Yogyakarta.
 
Harga bawang putih di pasar tersebut mencapai Rp57 ribu per kilogram. Harga normal bumbu dapur ini sekitar Rp35 ribu per kilogram.
 
Mujiwato, pedagang di Pasar Beringharjo, mengatakan tingginya harga bawang putih ini terjadi dalam beberapa hari terakhir. Perempuan 53 tahun ini mengatakan stok bawang putih menipis dalam tiga hari terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini (bawang putih) yang saya jual stok beberapa hari kemarin," ujarnya di Pasar Beringharjo, Kamis, 2 Mei 2019.
 
Sempat ada operasi pasar untuk menstabilkan harga. Namun, upaya itu tak berdampak signifikan.
 
Menurut dia, ada sekitar lima ton bawang putih per hari dari pemasok. Akan tetapi, pemasok dalam beberapa hari belakangan hanya memasok satu ton bawang putih. Pasokan itu kemudian dibagi ke banyak pedagang. Ia memperkirakan per hari hanya bisa mendapat pasokan 500 kilogram.
 
"(Pasokan bawang putih) dalam tiga hari benar-benar kosong. Dari biasa lima ton sehari, sekarang cuma satu ton dipasok," ujarnya.
 
Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Kementerian Perdagangan, Indrasari Wisnu Wardhana dan jajarannya memantau kondisi lapangan di pasar itu. Meski harga terbilang tinggi, ia mengatakan sejumlah komoditas, baik itu bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, hingga beras pasokan tetap terjaga.
 
"Tapi (harga bawang putih) mulai menurun dibanding pekan kemarin. Mungkin dalam beberapa hari ke depan akan turun," ujarnya.
 
Indrasari mengatakan besarnya pasokan bisa menurunkan harga. Ia memperkirakan kebutuhan bawang putih di Yogyakarta mencapai 30 ton per hari.
 
"Impor (bawang putih) sudah mulai masuk di pelabuhan, nanti akan segera masuk pasar. Sebelum puasa mungkin sudah sampai di pasar," kata dia.
 

 
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif