Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Ahmad Mustaqim)

Pengawasan Daging di Yogyakarta Diperketat

pangan harga daging
Ahmad Mustaqim • 13 Mei 2019 20:28
Yogyakarta: Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta memperketat pengawasan harga dan stok daging di seluruh pasar memasuki pertengahan bulan ramadan. Pemantauan akan semakin diperketat sepuluh hari jelang lebaran.  
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto mengatakan petugas digerakkan untuk memantau harga bahan pokok di berbagai pasar setiap hari. Misalnya, Pasar Beringharjo yang menjadi pasar rujukan dan salah satu tujuan utama pemantauan.
 
"Yang jadi pencermatan adalah pasar-pasar besar, karena banyak pembeli dan pedagang yang merujuk ke sana," kata Sugeng dihubungi pada Senin, 13 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fokus pemantauan dilakukan terhadap dugaan daging sapi glonggongan dan ayam tiren. Pemantauan juga dilakukan pada daging campuran, misalnya daging sapi tercampur daging babi.
 
"Lebaran tahun lalu tak ada temuan kasus. Masyarakat sudah mulai pintar dalam memilih daging," kata dia.
 
Peningkatan pemantauan daging semata menjaga ketersediaan dan jaminan kelayakan. Sebab, setiap daging yang masuk harus melewati rumah pemotongan hewan (RPH) di bawah binaan pemerintah.
 
Ia menyebutkan, pasokan daging di Kota Yogyakarta didapat dari sejumlah wilayah, seperti Kabupaten Kulon Progo dan sebagian Jawa Tengah. Daging pasokan dari luar daerah ini juga menjadi sorotan lain.
 
"Kami punya test kit untuk mengecek daging itu glonggongan atau tidak, dagingnya mati disembelih atau mati di kandang. Kami punya alatnya," ujarnya.
 
Ia mengingatkan agar pemasok daging ke pasar-pasar mematuhi aturan dan prosedur. Pemerintah akan bertindak tegas jika terjadi pelanggaran mekanisme.
 
"Kita akan pantau, berikan surat peringatan. Daging harus masuk lewat RPH, wajib lewat pintu yang diatur," kata dia.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif