Kamboja Jajaki Kerja Sama dengan Jepara
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menerima kunjungan Duta besar Kamboja di Pendapa Kabupaten Jepara. Medcom.id/Rhobi Shani
Jepara: Duta Besar Negara Kamboja Hor Nambora menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Jawa Tengah, di bidang industri furnitur. Kerajinan furnitur dan ukir Jepara sudah dikenal hingga Kamboja.

Hor Nambora dalam pertemuannya dengan kepada Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan Sekda Sholih pada Kamis, 29 November 2018, menyebut produk yang masuk masih terbatas. Dia menilai perlu ada peningkatan ekspor dari Jepara.

"Furnitur Jepara sudah dikenal, tapi masih sedikit," kata Nambora.
 
Selain industri furnitur, Nambora melanjutkan, juga ingin menjalin kerjasama di bidang pariwisata dan pendidikan. Nambora mengungkapkan, Kamboja juga memiliki pantai yang indah seperti pantai-pantai di Bumi Kartini.


"Dengan senang hati, jika ada pertukaran pelajar atau mahasiswa ke Kamboja," ungkap Nambora.

Sebagai salah satu bentuk keseriusan menjalin kerja sama ini, Nambora mengundang Bupati Ahmad Marzuqi untuk datang langsung ke Kamboja saat Pesta Rakyat pada Februari 2019. Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar RI untuk Kamboja.  

Nambora bersama rombongan menyatakan akan hadir untuk melihat rangkaian Hari Jadi Kabupaten Jepara pada April 2019 "Katanya, pada bulan April banyak kegiatan budaya disini, kami akan hadir,"  ucap Nambora.

Tawaran kerja sama ini disambut baik Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Menurutnya, kerja sama memiliki peluang untuk meningkatkan pamor furnitur Jepara di kancah pasar dunia. Ini akan menciptakan pasar baru di Asia Tenggara untuk pengusaha furnitur .

"Itikad baik ini harus ditangkap. Harapan saya,  furnitur dari Jepara juga disediakan showroom khusus di sana," kata Marzuqi.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id