Tol Trans Jawa Menciptakan Ekonomi Baru di Daerah
Pintu Tol Brebes-Pemalang di Tegal, Jawa Tengah. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Tegal: Tol Trans Jawa menghemat biaya logistik bagi pengusaha. Sementara bagi masyarakat daerah, tercipta pusat-pusat ekonomi baru.

"Tantangan untuk pemerintah pusat hingga daerah selanjutnya adalah menambah segera fasilitas umum di lokasi baru," kata Anggota DPR Dewi Aryani, Selasa, 12 Juni 2018.

Menurut anggota legislatif dari Dapil Tegal, Slawi dan Brebes ini, keberadaan jalan tol justru mempermudah dan mempercepat distribusi barang dan modal sehingga akan menumbuhkan perekonomian di daerah. Keberadaan usaha mikro kecil yang membentang di sepanjang jalur nasional harus mendapat perhatian pemerintah.


"Jangan sampai usaha mikro kecil ini mengalami kebangkrutan sehingga meningkatkan kemiskinan dan pengangguran," kata politikus PDI Perjuangan ini.

Perlu upaya dari pemerintah daerah juga untuk meningkatkan daya tarik di masing-masing kabupaten kota yang dilewati jalur tol. Keragaman budaya dan makanan khas hingga potensi wisata setiap daerah diharapkan mampu menarik pengguna jalan untuk singgah dan berbelanja.

Pemberian wewenang kepada pemerintah daerah untuk mengelola tempat peristirahatan (rest area) justru akan mampu menekan dampak tersebut. Rest area bagi pengguna tol sangat penting keberadaannya untuk istirahat, makan minum hingga MCK.

Jika selama ini rest area dikelola oleh swasta, maka hanya pemilik modal besar saja yang mampu menyewa tempat usaha. Berbeda jika pemerintah daerah yang mengelola maka pengelolaan lahan akan diprioritaskan untuk usaha masyarakat.

"Tantangan kreativitas pemda sangat diperlukan trmsk pemda Tegal dan Brebes," pungkasnya.
 



(SUR)